PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW II TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMPIT IMAM SYAFI’I KOTA BATAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Rewi Nur Permatasari, Yarsi Efendi, Fauziah Syamsi

Abstract


Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Kooperatif Jigsaw II apakah berpengaruh terhadap pemahaman konsep Biologi siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengkondisikan siswa serta belajar kooperatif menekankan pada tujuan dan kesuksesan kelompok, yang hanya bisa dicapai jika semua anggota kelompok mencapai tujuan atau penguasaan materi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh terhadap pemahan konsep biologi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw II pada siswa kelas VII ASMA di SMP IT Imam Syafi’i. Data analisis di atas merupakan jenis eksperimen semu, yang mendapatkan hasil data berditribusi normal pada uji normalitas, dan berdistribusi sangat reliabel dan pada hasil hipotesis mendapatkan hasil H0 berarti ditolak.


Keywords


Model Pembelajaran, Konsep Biologi, Jigsaw

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman, (2014).Belajar dan pembelajaran.Alfabeta. Bandung.

Gunawan, A. (2013) Statistik untuk Penelitian. Parama Publishing Yogyakarta.

Iryanti, P. (2004). Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas.

Lie, A. (2002). Mempraktekkan Cooperative Learning Diri Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Shadiq, F.(2009).Kemahiran Biologi.Yogyakarta:Depdiknas.

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono, (2011). Statistika untuk penelitian. Alfabeta. Bandung.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.