PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING

Harry Handoko, Ahmad Arifin

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Green Product Reusable Color Changing Cups terhadap minat beli ulang konsumen Starbucks melalui Green Advertising yang ada di akun Instagram @starbucksindonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan analisis jalur melalui kuesioner yang dibagikan kepada 80 responden yang merupakan followers Instagram @starbucksindonesia yang menggunakan Reusable Color Changing Cups di Sahid Sudirman Center. Hasil penelitian menunjukan bahwa Green Product berpengaruh positif terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh Green Advertising di Instagram @starbucksindonesia. Starbucks harus terus mempertahankan Green Product yang diusung dan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan, didukung juga dengan iklan yang menarik konsumen melalui media yang potensial, seperti Instagram.


Keywords


Green Product, Minat Beli Ulang, Green Advertising

Full Text:

PDF

References


(1) Amstrong dan Kotler. 2015. Manajemen Pemasaran. Prehalindo: Jakarta.

(2) Basu, Swasta dan Irawan. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta

(3) Buchari, Alma. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. CV. Alfabeta: Bandung

(4) Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

(5) Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

(6) Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. Edisi Kelima”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

(7) Hermann, et, al. 2017, “The social influence of brand community: evidence from European car clubs”, Journal of Marketing, Vol. 69, p 19 - 34.

(8) Jefkins, Frank. 2013. Public Relations. Erlangga: Jakarta

(9) Kismono, Gugup. 2011. Pengantar Bisnis. BPFE UGM: Yogyakarta.

(10) Kotler, Amstrong. 2011. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi keduabelas, Jilid 1. Erlangga: Jakarta

(11) Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Prehalindo: Jakarta

(12) Mowen, John. Michael Minor. 2012. Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.

(13) Muhammad, As’adi. 2019. Cara Pintar Promosi Murah dan Efektif. Gara ilmu: Yogyakarta

(14) Nickels, William G. 2018. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset: Yogyakarta

(15) Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi. Kedua. Jakarta; Salemba Empat.

(16) Saladin, Djaslim. 2017. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Edisi Revisi. CV. Linda Karya: Bandung

(17) Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

(18) Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

(19) Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

(20) Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

(21) Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan