PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN BERBASIS SOCIAL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Maria Lidwina Ika Haryundari, Widodo Ismanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja pada pelayanan berbasis social customer relationship management di Sekolah Maitreyawira Batam dan cara meningkatkannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggambarkan manajemen kinerja pelayanan kepada stakeholder sekolah. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pelayanan berbasis social customer relationship management dapat meningkatkan mutu layanan dan memberikan kepuasan kepada seluruh stakeholder sekolah.


Keywords


Kinerja Pelayanan, Social Customer Relationship Management, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Azis, Kenis Dwi Mainur. 2018. Pengaruh Customer Relationship Marketing, Keunggulan Produk, Kepuasan Nasabah dan Citra Merek terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank PD. BPR BKK Purwokerto. Tesis. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah.

Azizah, Dinda Hayyi Nur, dkk. 2020. Implementasi Pelayanan Publik pada PTSP dalam Mempermudah Akses Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun). Jurnal Respon Publik. Vol.14, No.1, Tahun 2020, hal.12-18. ISSN: 2302-8432.

Buttle, Francis. 2014. Customer Relationship Management. Malang: Bayumedia Publishing.

Lubertri dan Siti Nur Azizah. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Knowledge Sharing sebagai Pemediasi (Studi pada Karyawan Tetap TRAC Astra Rent a Car Cabang Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 2 (3) Juni 2020.

Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Nursam, Nasrullah. 2017. Manajemen Kinerja. Journal of Islamic Education Management. Vol. 2, No. 2 Oktober 2017, hal.167-175. ISSN 2548-4502.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2019. Customer Relationship Management. Teori dan Praktik Berbasis Open Source. Bandung: Informatika.

Santoso, Puji Slamet, dkk. 2017. Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), Vol.1, No.1, Oktober 2017. ISSN 2222-3333.

Abdurrahman, N. H. (2013). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing.

Cobb, N. K., Byron, M. J., Abrams, D. B., & Shields, P. G. (2010). Novel Nicotine Delivery Systems and Public Health: The Rise of the “E-Cigarette”. American Journal of Public Health, 100(12), 2340.

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.

Efendi, D. E., Laksono, A. D., & Machfutra, E. D. (2014). Pro-Kontra Diskursus Rokok dalam Media Sosial Youtube. Yogyakarta: Kanisius.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Eksekutif, 15(1), 133-146.

Hidayat, A. (2019, Maret 22). Jumlah Pengguna Rokok Elektrik Diprediksi Bertambah Satu Juta Orang Tahun Ini. Dipetik Juni 9, 2020, dari Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-pengguna-rokok-elektrik-diprediksi-bertambah-satu-juta-orang-tahun-ini

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Boston: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education.

Lamb, C. (2011). Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, 1(4), 95-104.

Maulana, H. (2021, 09 15). Angka Pengangguran di Batam Meningkat, ini Penyebabnya. Batam: Kompas.com.

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Ptoduk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 2336-2346.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JBMA, 4(2), 60-69.

Putri, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Rangkuti, F. F. (2010). Ekuitas Merek. Jakarta: Salemba Empat.

Rares, A., & Jorie, R. J. (2015). Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA, 3(2), 592-604.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro JournalL of Management, 6(3), 1-13.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Budi Utama.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan