PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

Rahmat M, Oktavianti Oktavianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi dan sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial. Penelitian bersifat associatif dan Explanatori (explanatory research) adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel dan menguji hipotesis hubungan antara variabel yang di hipotesiskan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer dan staf keuangan dan akuntansi pada Industri es balok di Kota Batam yang berjumlah 32 orang dalam 5 perusahaan. Pengelolaan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian membuktikan bahwa desentralisasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja manajerial, sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.

Keywords


Desentralisasi, Sistem Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial

Full Text:

PDF

References


Ananda, F., Hendrstyo. (2017). Kesuksesan Implementasi System Application Product (SAP) studi kasus di PT. Semen Padang. Jurnal Pundi. No 1, hal 1-10.

Ananda, F., Zulvia. (2018). Indikasi Machiavellianism dalam Pembuatan Keputusan Etis Auditor Pemula. Jurnal Benefita 357-369.

Bhakti Setyolaksono. (2012). Pengaruh Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Perpustakaan UNNES.

Cahyaningrum, S. S. (2016). Pengaruh Karakteristik Informasi Akuntansi Dan Desentralisasi Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Pada Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang Vol. 5 No. 2.

Fitri Dwinarian, Asnawi, M., dan Sanggenafa, M,. (2017). Pengaruh Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial (Studi Kasus Di Perbankan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura). Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Vol 12. Nomor 1. Hal. 39–55.

Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Kedelapan). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdayani, F., Melasari. (2018). Pengaruh Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Sinar Mas Kampas Jaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol 7, No.2.

Handoko, Hani, T. (2012). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Ingkiriwang, O. F. (2013). Pengaruh Desentralisasi dan Sistem kuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajer Dealer di Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3, 818-825.

Lempas, Y., Ilat, V., & Sabijono, H. (2014). Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajer Pada PT. Sinar Galesong Prima Manado. Jurnal EMBA, 2 No.1, 431–440.

Luther, C,. C,. (2016). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal EMBA Vol.4 No.1.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Manajemen (Konsep Manfaat Rekayasa). Jakarta: Salemba.

Mutmainnah. (2019). Pengaruh Ketidak Pastian Tugas, Desentralisasi Terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Intervening. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Qibtiyah, M,. Ananda, F. (2017). Pengaruh Desentralisasi dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial pada Politeknik Kesehatan Siteba. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.

Sarah, S. (2019). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. XSPOR Internasional. Tesis. Makassar: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.

Septiani, S. D. (2018). Pengaruh Desentralisasi dan Penggunaan Sistem Akuntansi Manajemen (SAM) Terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Mifan Utama Mandiri. Jurnal Nusantara PGRI Kediri.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. AFABETA.

Sutabri, Tata. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Sutapa, 2013. Pengaruh Sistem Akuntansi Manajemen, Desentralisasi dan Ketidak Pastian lingkungan Terhadap Kinerja Manajerial. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Widodo, H., Windi, C. (2011). PengaruhDesentralisasi dan Karakteristik Informasi Sisem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial pada (persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak. Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan