ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA BERBASIS KOMPETENSI

Yulia Afrola, Rona Tanjung

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar bahwa keberhasilan pencapaian tujuan sebuah perusahaan diperlukan sebuah manajemen yang efektif, efisien serta memiliki daya saing dalam mengelola sumber daya manusia yang dimiliki. Melalui sistem manajemen kinerja yang baik, perusahaan dapat mengelola kinerja sumber daya manusia yang dimiliki sehingga dapat bekerja secara optimal dan dapat tercapainya tujuan perusahaan. Upaya PT Telkom Padang dalam rangka menciptakan manajemen kinerja yang efektif dan efisien, yang berdaya saing dan dapat menunjang produktivitasnya adalah dengan menerapkan sistem manajemen kinerja berbasis kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan sistem manajemen kinerja berbasis kompetensi di PT Telkom Padang, serta menganalisis dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem manajemen kinerja berbasis kompetensi di PT Telkom Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya penerapan sistem manajemen kinerja berbasis kompetensi di PT Telkom Padang termasuk dalam pola pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi (MSDMBK).


Keywords


Sistem Manajemen Kinerja, Kompetensi, Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Bacal, Robert. 2012. Performance Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta Barat: PT. Indeks.

Dharma, Surya. 2007. Manajemen Kinerja, Falsafah, Teori dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan, H. Melayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Irawan, A., Gunadi, G., Ratnasari, S. L., & Wibisono, C. (2015). Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3 (1), 56-65.

Nitisemito, Alex S. (2012). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Mathew B, and A. Michael Huberman. 2017. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mondy, R Wayne. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Ratnasari, S. L., dan Hartati, Yenni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ratnasari, SL., HW Nasrul, I Nurdin, Y Susilowati, EN Susanti. (2020). Manajemen Kinerja Karyawan. Mataram: Penerbit Forum Pemuda Aswaja 1, 160.

Ratnasari, S.L., Sinaga E.P., Hadi, M.A. (2021). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasional, Dan stress Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara. Jurnal Trias Politika. 5(2). 128-140.

Ratnasari, S. L., Wulandari, S., Hadi, M. A. (2022). Pengaruh Perceived Organizational Support, Human Relation, Kompetensi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi. 11 (1), 115-126.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers. Jakarta.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2018. Organizational Behavior. 12th ed. Saduran Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rasyid. Jilid I dan II. Salemba Empat. Jakarta.

Solehah, S., dan Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Beban Kerja, Job Insecurity Terhadap Turnover Intention Karyawan PT. Federal Internasional Finance Cab Batam. Jurnal Dimensi. Vol.8. No.2. Hal. 210-239.

Siagian, Sondang P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sinaga, E.P., Ratnasari, S.L., Hadi, M.A. (2021). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasional Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Equilibiria. 8 (2).

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2012). Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya Dharma (2019). Manajemen Kinerja, Pustaka Pelajar, Yogyakarta Manajemen Kinerja dan Kompensasi. Malang: UB Distance Learning.

Susilowati, Y., SL Ratnasari, HW Nasrul. (2020). Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, Budaya Organisasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Perawat. Jurnal Dimensi. 9 (3), 397-411.

Syamsi, Ibnu. (2016). Efisiensi, Sistem, dan Prosedur Kerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Efendi (2014). Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i1.4093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan