PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT MAHASISWA KULIAH DI UNRIKA BATAM

Abdul Manan

Abstract


Rendahnya input mahasiswa baru di Unrika diduga karena kurang memenuhi kaidah pada bauran promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap minat mahasiswa kuliah di Unrika Batam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi berganda. Pupulasi penelitian terdiri dari 2.487 mahasiswa dengan sampel penelitian sebanyak 344 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan validitas isi dan dinyatakan valid dan reliabel oleh 5 pakar. Teknik analisis penelitian menggunakan regeresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa periklanan, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung berpengaruh positif terhadap pemasaran. personal selling berpengaruh negatif terhadap pemasaran Sedangkan Periklanan, personal selling, publisitas, promosi penjualan dan pemasaran langsung memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa kuliah di Unrika Batam, maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah bauran promosi memberikan pengaruh terhadap minat mahasiswa kuliah di Unrika Batam.


Keywords


advertising, personal selling, publicity, sales promotion, direct marketing, interest

Full Text:

PDF

References


Agus Hermawan, (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012), Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Arifin, (2011), Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

A. Shimp, Terence. (2014), Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Basbooir. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis Stem, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.Volume 22, No. 2, Desember 2018 (219-230).

Basu Swastha. (2012). Manajemen Penjualan, Yogyakarta. BPFE.

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Gitosudarmo, (2012). Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan kedua. Penerbit: BPFE – Yogyakarta.

Hermawan, (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Indrajit, (2016). Manajemen Perguruan Tinggi Modern.Yogyakarata: Andi Offset

Retnawati. (2016), Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publising.

Keegan, Warren J. (2012), Global Marketing Management, Lubin School of business, New York

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.

Kotler, dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong (2012), Marketing management. 14th Edition New Jersey: Pretice Hall.

Kotler, Philip, (2020), Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Lubis. Syahron, (2013), Metodologi Penelitian pendidikan. Padang: Sukabima Press.

Lupiyoadi, (2013), Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mardapi Djemari, (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Murti, (2011), Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Shimp, (2021), Periklanan Promosi Pemasaran Terpadu Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Swastha, (2021). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Liberty.

Tjiptono, (2021), Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan