ANALISIS FORMULASI MISI, VISI, DAN NILAI MEBEL JOGLO BU WITO

Denny Ammari Ramadhan

Abstract


Di era sekarang ini, bisnis keluarga (family business) memegang peranan penting terhadap pertumbuhan perekonomian, baik dalam skala nasional maupun global. Secara umum, hanya 30% bisnis keluarga yang bertahan sampai generasi ke dua, 13% yang bertahan sampai generasi ke tiga, dan  hanya 3% di bawah generasi ke tiga (thejakartapost.com, 2019). Ada beberapa hal yang dapat di lakukan agar bisnis keluarga dapat bertahan lama, yaitu dengan membuat Misi, Visi dan Nilai-Nilai untuk bisnis keluarga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memformulasikan Misi, Visi dan Nilai terhadap Mebel Joglo Bu Wito yang merupakan sebuah bisnis keluarga yang sudah berdiri sejak tahun 1980an. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara semi struktur, melakukan observasi dan focus group discussion (FGD). Tahapan perumusan misi dan visi berdasarkan konsep yang di sampaikan oleh Srinivasan (2014). Dengan terciptanya misi, visi dan nilai untuk Mebel Joglo Bu Wito, diharapkan dapat membantu organisasi dalam menentukan keputusan strategis apa yang harus di ambil, anggota organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien dan bisnis yang dijalankan oleh Mebel Joglo Bu Wito pun dapat berkembang pesat dan dapat mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya.


Keywords


Misi, Visi, Nilai-Nilai

Full Text:

PDF

References


Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for

competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill

Education.

Campbell, A., & Yeung, S. (1991). Creating a Sense of Mission. Long Range Planning, 874-883.

Collins, J., & Porras, J. (1996). Building Your Company’s Vision. Harvard Business Review. 65-77.

David, F.R. 2014. ”Manajemen Strategiks: Konsep. Jakarta: PT. Prenhallindo

Husein Umar, 2008, Strategi Management In Action (Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis). Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

The Jakarta Post. (2019). Only 13% of Indonesian family businesses survive untill third generation: Deloitte. Terdapat di https://www.thejakartapost.com /news/2019/12/06/only-13-of-indonesian-family-businesses-survive-until- third-generation-deloitte.html, diakses pada 24 November 2020.

Lipton, M. (1996). Demystifying the Development of an Organizational. Sloan Management Review, 83-92.

Morris, R. J. (1996). Developing a Mission for a Diversified Company. Long Range Planning, Vol.29, No.1, 103-115

Neubauer, F., & Lank, A. G. (1998). The Family Business – its Governance for Sustainability. London: MacMillan Business.

Pearce, J. (1982). The Company Mission as a Strategic Goal. Sloan ManagementReview, 15-24.

Robbbins dan Judge. (2017). Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat

Royan, Frans M. (2014). Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Schindler, P. S. (2019). Business Research Methods. New York: McGraw Hill.

Srinivasan, R. (2014). Visioning: The Method and Process. OD Practitioner, Vol, 46, No 1, 34-41.

Schiffman dan Kanuk. (2014). Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung

Sousa, F.C.; Pellissier, R; dan Monteiro, I.P. (2012). Creativity, Innovation And Collaborative Organizations. The International Journal of Organization Innovation Vol 5 Num 1. p.26-59

Sugiyono.2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Alfabeta Bandung

Tamamudin. (2012). Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2

Tjiptono, F. (2016). Total Quality Maqnajemen. Jogjakarta: Andi.

Umaternate, Tumbuan, dan Taroreh. (2014). Promosi, Harga, dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Nike di Toko Akbar Ali Sport Manado.Jurnal EMBA. Vol. 2, No. 2




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan