PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA, MOTIVASI, DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Jonmaianto Sihombing, Ervin Nora Susanti, Oktavianti Oktavianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja, motivasi, dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Trisakti Karya Nusantara Batam secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan kuantitatif menggunakan desain deskriptif dengan tempat penelitian PT. Trisakti Karya Nusantara Batam. Teknik sampling dari penelitian ini menggunakan rumus slovin. Populasi dari penelitian ini adalah 150 karyawan. Sampel penelitian ini 111 orang karyawan. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik inferensial dengan SPSS 23. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Gaya Kepemimpinan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trisakti Karya Nusantara. Disiplin Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trisakti Karya Nusantara. Motivasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trisakti Karya Nusantara. Pelatihan Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trisakti Karya Nusantara. Secara simultan atau bersama-sama Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi, dan Pelatihan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Trisakti Karya Nusantara.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi, Pelatihan Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Aiman Tanveer, (2015). Impact Of Training & Development on Employees Performance In Banks of Pakistan. European Journal of Training and development. Vol. 3 No. 1. 22-44.

Anriza Julianry, Rizal Syarief & M. Joko Affandi 2017. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan serta Kinerja Organisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 2 . 236-245.

Dimas Nidia Narso, (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan pelatihan terhadap kinerja karyawan pada PT. Wings Surya Gresik. E-Journal Manajemen. Universitas Bharangkara.

Effendi Usman. (2014). Asas Manajemen. Jakarta. Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Fadillah, Umi. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Satpol PP Kota Surakarta. Jurnal. Widya Cipta 3.

Fattah Hussein. (2014). Perilaku Pemimpin dan Kinerja Karyawan. Yogyakarta. Penerbit Elmatera.

Fahmi Irham. (2013). Perilaku Organisasi. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Herlambang Susatyo. (2014). Perilaku Organisasi. Yogyakarta. Penerbit KDT.

Hasibuan, Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Organisasi & Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kiki Cahaya Setiawan. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana Divisi Operasi PT. Pusri Palembang.

Kaengke, A.S. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir, Pelatihan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Air Manado. Thesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Sam Ratulangi.

Liana, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi, Pengembangan Karir, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat Jatim. Jurnal Administrasi Dan Bisnis. Vol:12, No.1. Juni. 2018

Megawati, E. (2012). Pengaruh Kompensasi Finansial, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asia Marco Di Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Melvin Grandy Lolowang, Adolfina & Genita Lumintang. 2016. Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Berlina Kharisma Pasifik. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 2. 177 – 186.

Mulyani, S. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Enigma. Skripsi. Prodi Manajemen. Universitas Pamulang.

Mulyadi Deddy. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung. Alfabeta

Noor, Juliansyah. (2014) Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: Grasindo

Purnomo, F.X. Setio Edy dan Wijayanti, Ratna. 2013. Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Instruktif, Konsultatif, Partisipatif dan Delegatif terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Universitas Semarang.

Ratnasari, Sri Langgeng. (2017) Perencanaan Sumber Daya Manusia. Surabaya: Unggul Pangestu Nirmana Multimedia Press & Publishing.

Rahayu Vebriana Tri, Vivi Ariyani dan Soni Kurniawan. (2013). Determinasi Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik Dan Kompensasi Terhadap Karyawan Di BULOG Cabang Madiun, Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi vol. I No.1.Madiun.

Rivai, Veithzal. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta Grafindo Persada.

Rumengan, Jemmy. (2010). Metodologi Penelitian Dengan SPSS. Batam. Penerbit Universitas Batam Press.

Rivai, Z., Veithzal, dkk. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sihombing, J. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. E-Tech Manufacturing Batam. Skrispsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Riau Kepualauan.

Siagian, Sondang (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunyonto Danang. (2013). Perilaku Organisasional. Jakarta. Penerbit CAPS (Center Academic Publishing Service).

Sutrisno, Edy. (2015). Manajemem Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta.Penerbit Alfabeta.

Suwondo, Diah Indriani dan Eddy Madiono Santoso. 2015. Hubungan Lingkingan Kerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Juenal Diterbitkan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 17. No.2.

Suparyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia: Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis SDM. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Supriyanto, Achmad Sani & Vivin Maharani. 2013. Metode Penelitian Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner dan Analisis Data). Malang: UIN MALIKI Press.

Tanujaya, L.R. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Coronet Crown. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristeb Petra.

Umar, Husein. (2007). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Zainal dkk. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i3.5157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan