PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, KONSEP DIRI, DAN KARAKTERISTIK PRIBADI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA BATAM

M. Safri, Zulkifli Zulkifli, Oktavianti Oktavianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara parsial atau bersama-sama pengaruh pengetahuan, keterampilan, konsep diri, dan karakteristik pribadi terhadap kinerja guru pada SMK Negeri di Kota Batam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PNS SMK Negeri 1 Batam dan SMK Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah guru SMK Negeri 1 Batam sebanyak 57 orang guru dan SMK Negeri 5 Batam sebanyak 43 orang guru, dengan total populasi 100 guru PNS. Pengambilan dengan sampel teknik Sensus sebanyak 100 orang guru. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes uraian dan instrumen angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Keterampilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, pengetahuan, keterampilan dan diri. Konsep dan karakteristik pribadi memiliki dampak positif yang besar terhadap kinerja guru. berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.


Keywords


Kinerja Guru, Konsep diri, Keterampilan, Pengetahuan, Karakteristik Pribadi

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H, (2012). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anwar, A. S. (2020). “Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang”. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2 (1), 147–173. https://rb.gy/62osax

Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asril. Z, (2017). Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bernardin, H. John dan Joyce E.A., Rusel. 1995. Human Resources Management. Singapore. McGraw Hill Inc.

Burns. 2015. Konsep diri : Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan.

BSNP versi 6.0.11 Tahun 2008 https://rb.gy/qb7cfd

Brook dan Emmert. (2016). Konsep diri positif dan negative. Jakarta: Erlangga

Dariyo A. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Tiga Tahun Pertama, Jakarta; PT Refika

Fitts, William H. (2021). The Self Concept and Delinquency. California: Western Psychological Service.

Grace.E, Chandra.E , Ambarita. MH. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui karakteristik individu dan kompetensi guru. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntasi dan Keuangan, Vol. 4 No 4 November 2021 P-ISSN 2622-2191 , E-ISSN 2622-2205.

Hamacheck. Don.E, (2012). Encounter With The Self. New York: Holt, Rinehart and Wiston

Hanafi.G, Yuliani.I, (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang . Jurnal JMBS, Vol 3. No.2.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi.

Hermawati, A. (2012). Pengaruh Motivasi dan Kemampuan terhadap Prestaasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Batu. Jurnal Dnamika Dotcom,3(2),107-120.

Herawati. M. (2017). Konsep Diri Dapat Mempengaruhi Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Sawah 2 Ciputat Research and Development Journal Of Education Vol. 4 No. 1 Oktober 2017.

Hurlock, E. B. (2013). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Soedjarwo dan Iswidayanti. Jakarta: Erlangga.

Irham.F, (2013). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Jalaludin. R, (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Kusmianto, (2017). Pengukuran Kinerja Dalam Pendidikan. Jakarta: Suara Indonesia.

Mamonto.I, Badaro. S, Bolotio.R, (2019). Pengaruh Perilaku Kepemimpian dan Ketrampilan Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di MAN Kota Mobagu. Journal of Islamic Education Policy Vol. 4 No. 2 Juli – Desember 2019.

Mangkunegara, A. P. (2017). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Malthis dan Jackson, (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Indrus Kelompok Gramedia. Jakarta.

Mubarak, W, I & Chayatin, N, (2014). Ilmu Psikologi Komunitas Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.

Nata A, (2011). Manajemen Guru. Surabaya: Cipta Karsa.

Ningsih.EK, Fitria. H , Fitriani.Y, (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 2020.

Notoatmodjo, S. (2013). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. https://rb.gy/fwdku8

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. https://rb.gy/hxipct

Prananosa .AG, Putra. MRE, Yuneti.A, Alliyah. RR, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Ketrampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kineja Guru. Journal of Administration and Educational Management Volume 1, Nomor 2, Desember 2018.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi Vol. 5(2), 1741–1753.

Purnomo, E. (2018). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasi. Jakarta: Jurnal Sosio e-kons Vol. 10 (1).

Rahman. A, (2018). Sumber Ilmu Pengetahun. Jakarta: Rineke Cipta.

Robbins, Stephen P, (2014), Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Jakarta.

Sanjaya.A, (2015). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari. RF, (2017). Hubungan Pengetahuan guru tentang manajemen pembelajaran dengan kinerja guru di MTS Negeri 2 Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1. No 1. Juli - Desember 2017 Halaman 1 – 11 ISSN. 3459 – 2461.

Siagian, S.P., (2016), Tehnik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasional. Jakarta: Haji Mas Agung.

Siyoto, Sandu, Sodik. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudjiarto. K, (2013). Guru Dalam Era Pendidikan Modern. Bandung: Pustaka Rahmat Ilahi.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutoto, D. (2014). Konsep Diri, Pengukuran dan Implementasi Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Ilmu.

Spencer, Lyle M. and Signe M. Spencer, (2013).Competency of Work. New York: Jhom Wiley & Son.

Sudarmanto. (2019). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarsono, (2013). Pengukuran kinerja Guru Dalam Perspektif Manajemen Perubahan. Jakarta: Alphabeta.

Umar, H (2012). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wade, C & Travis, C. 2014. Psikologi. Edisi Kesembilan. Jilid 2. (terjemahan: Padang Mursalin dan Dinastuti). Jakarta: Erlangga.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i4.5168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan