PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM

Muh Saleh, Zulkifli Zulkifli, Ramon Zamora

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi, motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru PNS SMAN di Kecamatan Sekupang Batam sebanyak 82 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling sensus sebanyak 82 orang guru PNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru,  motivasi berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, disiplin kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, dan secara simultan komunikasi, motivasi, disiplin kerja dan lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru.


Keywords


Komunikasi, Motivasi, Disiplin kerja, Lingkungan kerja Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman.2021. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 3 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 5, No. 2.

Bintoro. & Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Guru, Yogyakarta: Gava Media.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, S.M. Bahri, S. 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen homepage: Vol 1, No. 1, September 2018, 71-80.

Lubis, S. 2020. Pengaruh Lingkungan kerja, Disiplin kerja dan motivasi berpengaruh terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Jurnal EduTech Vol. 6 No. 1 Maret 2020.

Permatasari, M. Syahrul. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta ISSN 2085-2215 Vol.20 No.4 Oktober 2020.

Robbins. S, Judge, T. 2014. Organizational Behavior. England: Pearson Education Limited.

Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Prenadamedia.

Sutrisno.2020. Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi Terhadap Kinerja guru pada SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, Vol 3, No. 2.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto, A.W,2011. Komunikasi Interpersonal.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmob.v2i4.5175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan