MENGASAH KREATIVITAS BERFIKIR PADA FUN DAY SCHOOL DI SD NEGERI 002 TANJUNG PIAYU CONCERNING THINGKING CREATIVITIES IN FULL DAY SCHOOL AT SD NEGERI 002 TANJUNG PIAYU

Nailul Himmi

Abstract


SD Negeri 002 Tanjung Piayu merupakan salah satu SD di pesisir Pulau Batam. Sebahagian besar pekerjaan orang tua siswa adalah nelayan. Dalam proses belajar mengajar masih bersifat teacher centerd yang bersifat kaku dan membosankan. Untuk itu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat bagi siswa SD Negeri 002 ini guna menciptakan suasana di sekolah menjadi menyenangkan,  educatif dan dapat mengasah  kreativitas berfikir siswa.  Dengan menggunakan metode pemberian games edukatif  yang disesuaikan dengan kelas peserta didik. Untuk siswa kelas 4 sebanyak 40 orang dan diberikan puzzle angka, mewarnai dan Happy Games. Untuk siswa kelas 5 sebanyak 38 orang dan diberikan English for Fun. Dan untuk siswa kelas 6 sebanyak 30 orang dan diberikan berupa game kartu angka penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Setiap game dilakukan secara berkelompok. Dari kegiatan diperoleh bahwa dengan menggunakan game dapat menjadi salah satu alternatif dalam penyampaian edukasi serta dapat meningkatkan kreativitas berfikir siswa di SD Negeri 002 Tanjung Piayu.

Kata Kunci: Sekolah Dasar, Game, Edukatif, Kreativitas Berfikir

 


SD Negeri 002 Tanjung Piayu is one of the elementary schools on the coast of  Batam Island. Most of the work of parents is fishermen. In the teaching and learning process, it is still teacher centerd that is rigid and boring. For this reason, community service activities are carried out for SD Negeri 002 students in order to create an atmosphere in school to be fun, educative and able to concered students' creative thinking. By using the method of providing educational games that are tailored to the class of students. For grade 4 students as many as 40 people and given number puzzles, coloring and Happy Games. For grade 5 students as many as 38 people and given English for Fun. And for grade 6 students as many as 30 people and given in the form of addition, subtraction, multiplication and division number card games. Every game is done in groups. From the activity, it was found that using games can be an alternative in delivering education and can improve the creativity of students thinking in SD Negeri 002 Tanjung Piayu.

Keywords: Elementary School, Game, Educative, Thinking Creativity


Keywords


Sekolah Dasar; Game; Edukatif; Kreativitas Berfikir

Full Text:

PDF

References


Dinas Pendidikan Bekasi. (2015). Pengertian dan Tujuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Retrieved from http://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html

Hartono, R. (2016). Pembuatan Game Edu Kasi “ English for Fun ” Untuk Anak Kelas 1-2 Sd Berbasis Android Menggunakan Unity 3D, 7(2), 521–526.

Hasibuan, N. H. (2017). SIRKUIR PINTAR PENDIDIKAN DI KELURAHAN BUKIT TEMPAYAN KEC. BATU AJI, BATAM, PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Minda Baharu, 1, 108–115.

Holis, A. (2015). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 10(1), 23–37.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp/3/316003

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7, 195–208.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan matematika pada siswa sekolah dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 23–33.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional, 1–33. Retrieved from http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Saefudin, A. A. (2011). Proses berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar ( SD ) berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah matematika terbuka.

Tata Usaha SD Negeri 002 Tanjung Piayu. (2018). Jumlah Siswa SD Negeri 002 Tahun Ajaran 208/2019. Batam.

Tendean, T. O. (2013). Perancangan Permainan Educatif Sebagai Sarana Bantu Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–18.

Wikipedia. (2018). Sekolah. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah

Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 10(2), 59–64.

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.