PENGOLAHAN SAYURAN TIDAK LAYAK KONSUMSI PASAR KAGET MENJADI PUPUK KOMPOS RAMAH LINGKUNGAN DENGAN METODE TAKAKURA DI KELURAHAN SUNGAI LANGKAI KECAMATAN SAGULUNG KEPULAUAN RIAU

Mira Yona

Abstract


Sungai langkai adalah sakah satu kelurahan dari kecamatan Sagulung yang padat penduduk, sungai langkai memiliki pasar kaget putri hijau yang setiap harinya ramai di kunjungi pembeli baik tua maupun muda ada kalangan menengah kebawah da nada juga kalangan menengah keatas.Produk yang dominan ditawarkan pasar kaget putri hijau adalah sayur- sayuran yang mempunyai harga lebih murah dibandingkan dengan pasar rakyat atau pasar tradisonal.Sayur- sayuran termasuk jenis tanaman yang mudah busuk dan rusak. Sayur- sayuran yang mudah rusak dan busuk sangat banyak di temui di pasar kaget dan memiliki bau yang tidak enak, agar tidak mencemari lingkungan sayuran ini diolah menjadi pupuk kompos ramah lingkungan oleh warga setempat dengan menggunakan metode takakura, metode ini sangatlah mudah dengan media keranjang takakura dan tidak memerlukan biaya yang besar. Tujuan pembuatan pupuk kompos ramah lingkungan ini selain mengurangi pencemaran lingkungan juga dapat menambah penghasilan keluarga serta membuat lingkungan pasar kaget menjadi bersih.Hasil pengolahan pupuk berbahan sayuran akandipasarkan dilingkungan pasar kaget putri hijau dan secara  online. Sebelum melakukan pemasaran terlebih dahulu diperhatikan pembuatan kemasan yang memiliki daya tarik dan ramah lingkungan.


Keywords


Pasar kaget, Pupuk kompos, Takakura, Strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Danger, Erik P. (1992).Selesting Colour For packaging. England: Gower Technical Press Ltd.

Hartatik, W., Husnain, dan Widowati, L. R., 2015. Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. Jurnal Sumberdaya Lahan. Vol. 9(2): 107-120

Kotler, H dan Armstrong, G., 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13 Jilit 1. Erlangga, Jakarta.

Miles, M. E., Berens, G., & Weiss, M. A., 1999. Real Estate Development: Principles and Process. Urban Land Institute. Washington DC.

Mursid, M. 1997. Manajemen Pemasaran. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Rahmawanti, N dan Dony, N., 2014. Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga Dengan Penambahan Aktivator EM4 di Daerah Kayu Tangi. Ziraa’ah, Vol. 39 (1):1-7

Rukmana, R., 2007. Bertanam Petsai dan Sawi. Kanisius, Yogyakarta.

Wijayanti, T., 2012. Management Marketing Plan. PT Elex media Komputindo, Jakarta.

www.creata.or.id/pelatihan-pengomposan-dengan-metode-takakura.

https://batamkota.bps.go.id/statictable/2015/11/18/18/penduduk-kota-batam-hasil-sensuspenduduk-2010-menurut-kelurahan-dan-jenis-kelamin.html




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i1.1381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.