SOSIALISASI DAN PEMBELAJARAN KEPADA ANAK ANAK TENTANG PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA INGGRIS

Suswanto Ismadi Megah, Desi Surlitasari Dewi, Eka Wilany

Abstract


Kegiatan pengabdian ini berupa sosisalisasi dan pembelajaran kepada anak-anak tentang pentingnya penguasaan Bahasa Inggris. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris  di lingkungan RT 02 RW 02 Kelurahan Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong. Metode yang digunakan adalah observasi dan tinjauan ke lapangan untuk mengetahui kondisi semangat belajar anak-anak di lingkungan setempat. Pembelajaran dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan santai. Kemudian penghargaan diberikan untuk lebih memotivasi dengan pemberian nilai hasil tugas dan komentar positif. Ada 4 faktor yang memengaruhi termotivasinya anak-anak  untuk mampu belajar lebih giat.Yang pertama, cita–cita karena merupakan motivasi untuk belajar dengan giat. Kedua adalah kemampuan belajar karena kemampuan belajar siswa harus diperhatikan tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama tergantung minat dan bakat. Ketiga kondisi jasmani dan rohani merupakan faktor yang mempengaruhi belajar anak. Keempat adalah kondisi lingkungan sangat berpengaruh dalam motivasi belajar siswa. Hal tersebut memengaruhi motivasi belajar untuk anak-anak dilingkungan tersebut sehingga  diperlukan kegiatan yang berinovasi agar dapat meningkatkan semangat belajar anak-anak dalam belajar.


Keywords


Sosialisasi, Pembelajaran, dan Anak-anak

Full Text:

PDF

References


Anni, C. T., 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Djamarah, S. B., 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Emha, A.2017.”Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”. Jurnal Lantanida. Vol. 5(2) : 93-196.

Husna, A.2017.”Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar RW. 01 Kelurahan Kibing”. Jurnal Minda Baharu, Volume 1, (2017):19-24.

Djamarah, S. B., 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Kompri.2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Palupi, R., Anitah, S., dan Budiyono. 2014. ”Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di SMPN N 1 Pacitan”. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol.2, (2):157-170.

Sukamadinata, N. S., 2007. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Cv Alfabeta.

Syah, Muhibbin.1999. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Uno, H., B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i1.1386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.