PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BERBANTUAN BUKU SAKU MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENANAMKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM BERHITUNG DI SDN 020 RW 02 KELURAHAN SEI LANGKAI

Yesi Gusmania, Nina Agustyaningrum

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai salah satu kegiatan pengembangan diri bagi siswa didik dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan bervariasi. Berdasarkan survey studi lapangan  dengan masyarakat RW 02 kelurahan sei langkai bahawa mengalami kesulitan disaat menyelesaikan tugas yang diberikan disekolah yang berhubungan dengan masalah berhitung. Selain itu, penjelasan secara langsung oleh guru yang didominasi dengan pemberian ceramah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran  yang dilaksanakan selama ini di SDN 20 sangat jarang menggunakan metode-metode yang inovatif dan media yang digunakan belum maksimal, sehingga kurangnya minat belajar siswa dalam operasi berhitung. Salah satu cara yang digunakan pendidik untuk meningkatkan minat belajar siswa, adalah dengan memberikan variasi media dengan menggunakan permainan monopoli. Permaianan monopoli dapat dilakukan secara berkelompok melalui pelaksanaan berupa prosedur permaian, stimulasi dan permainan monopolinya. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) siswa sangat antusias, ketika mereka disuruh untuk mengerjakan soal yang diberikan dan direspon dengan baik., (2) Pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi siswa SDN 020, sehingga dapat diterapkan media berbantuan buku saku dengan metode permainan (monopoli) untuk  menanamkan minat belajar siswa dalam menghitung.


Keywords


Buku saku, Permainan monopoli, Minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Artantri. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Anis Nuryati Suprapto.2013. Permainan Monopoli Sebagai Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tata Boga Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru. No.01/Tahun XVII/Mei 2013.

BSNP.2006. Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta:BSNP.

Ismawati, Esti.2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta:Ombak

Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kepulauan, tahun 2018.

Ria Sartikaningrum.2013. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tempel.Skripsi.Yogyakarta:Pendidikan Akuntansi UNY.

Seto. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Sardiman, A.M.2011.Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.