PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIJAU (GREEN LAND) MELALUI PENANAMAN 1000 POHON DI KAVLING MELATI RW 06 KELURAHAN SUNGAI PELUNGGUT

Ahmad Yanizon, Tamama Rofiqah

Abstract


Kegiatan pengabdian pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan hijau (Green land) melalui penanaman 1000 pohon di kavling melati kelurahan sungai pelunggut didasari oleh kondisi lokasi mitra yang rawan banjir ketika hujan. Solusi yang ditawarkan yakni dengan memberdayakan pepohonan sebagai wadah penyerap air dan juga sebagai penyaring udara sehingga udara terasa lebih segar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran terhadap warga sekitar akan perlunya mewujudkan lingkungan hijau (green land) agar memiliki lingkungan yang asri dan bersih. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian ini memberikan hasil berupa (1) semangat gotong royong warga dalam menjaga lingkungan melalui penanaman pohon, (2) mempererat silaturahmi antar warga dengan bersama-sama menjaga lingkungan, (3) lingkungan tempat tinggal warga terlihat rapi dan bersih, (4) warga dapat memanfaatkan hasil pohon baik untuk konsumsi maupun untuk komersial.


Keywords


Lingkungan Hijau, Penanaman Pohon

Full Text:

PDF

References


Keraf, Sonny A. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Kompas Media

Nusantara.

Lailia, Nur Anita. 2014. Gerakan Masyarakat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup (Studi Tentang Upaya Menciptakan Kampung Hijau di Kelurahan Gundih Surabaya). Jurnal Politik Muda. Vol 3 (3) :283-30.

Pratiwi, Ayu Diah. 2017. Pemberdayaan Masyarakat RW 12 dalam Kegiatan Penghijauan Lingkungan di Kavling Mandiri Kelurahan Sei Pelunggut.

Puspita Lani. 2016. Permasalahan dan Solusi Pengelolaan Sumber Daya Air di Kota Batam dalam buku Isu dan Masalah Lingkungan Hidup. Batam:Unrika Press

PP nomor 66 tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan.

Rumbadi. 2016. Sanksi Hukum Lingkungan Hidup dan Pembangunan

Berkelanjutan dalam buku Isu dan Masalah Lingkungan Hidup. Batam:

Unrika Press

Saragih, F.R. 2000. Pendidikan Mengenai Lingkungan Hidup dalam rangka

Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 7 (3):186-193

Sudibyo, Arianto Guntur. 2013. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Program Green Jihad untuk Remaja di Kota Solo. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra. Vol 1 (2):1-8.

UU No. 23 Tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup

UU No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.