MENUMBUHKEMBANGKAN POTENSI ANAK DENGAN PENGENALAN BAHASA INGGRIS SEJAK DINI DALAM KELUARGA

Juwita Boneka Sinaga, Juni Erisa Marpaung

Abstract


 

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang menumbuhkembangkan potensi anak dengan pengenalan bahasa Inggris sejak dini dalam keluarga pada masyarakat. Dengan pengenalan bahasa sejak dini dapat merangsang anak menggali potensi bakat anak yaitu kecerdasan linguistik. Bahasa yang digunakan ornag tua untuk berkomunikasi dengan anak sehari-hari berkontribusi pada kemampuan anak dalam berpikir abstrak. Di Indonesia sendiri masih banyak orang yang belum mengusai bahasa Inggris dikarenakan kurangnya pembelajaran yang mereka dapatkan atau baru mendapatkan pembelajaran bahasa asing ketika usia mereka sudah dewasa, sehingga daya tangkap otak sudah kurang optimal. Sasaran pengabdian adalah masyarakat di RW 01 Kelurahan Sungai Langkai Kota Batam. Persiapan dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai masalah yang dihadapi masyarakat. Pelaksanaan dilakukan dengan memberikan layanan informasi menggunakan metode ceramah berupa penyuluhan yaitu dengan teknik presentase, dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab. Hasil kegiatan penyuluhan menunjukkan bahwa: (1). Program pengabdian pada masyarakat dengan kegiatan penyuluhan tentang menumbuhkembangkan potensi anak dengan pengenalan Bahasa Inggris sejak dini dalam keluarga di RW 01 Kelurahan Sungai Langkai Kota Batamdapat dilaksanakan dan direspon dengan baik. (2). Pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat diterapkan para orang tua dengan keterbatasan guna menumbuhkembangkan potensi anak dalam berbahasa Inggris sejak dini.

 


Keywords


Kata Kunci: Potensi Diri, Pengenalan Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Andini Dwi Arumsari, dkk. 2017. Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 4(2): 82-170.

Aprilia Riyana Putri. 2017. Pengembangan Materi Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Pelangi Guyangan. Jurnal Edulingua Jepara 4(1).

Aquilina Prily Jabet, dkk. 2016. Pembelajaran Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Kristen Immanuel II. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5(10).

Dini Wulansari dan M. Afifulloh. (2018). Pemetaan Kebutuhan Bahasa Inggris pada Masyarakat Daerah Potensi Wisata Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora 2(1): 133-144.

Eti Suarni. 2008. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Bakat Anak Usia 6-12 Tahun. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Istikhoroh Nurzaman, dkk. 2017. Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agopedia Tasikmalaya 1(1): 40-52.

Mainizar. 2013. Peranan Orang Tua Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 2-6 Tahun. Jurnal Marwah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau XII(1).

Nia Saurina. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK Surabaya 20(1).

Saptiani. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) Untuk Menstimulasi Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Ar-Raniry Yogyakarta 1(2): 100-118.

Suciati. 2017. Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal STAIN Kudus Thufula 5(2).

Veronica Gunawan, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal UNTAN Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.