PENGENALAN MATERI DASAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK USIA DINI DI PULAU MECAN, SEKANAK RAYA, BELAKANG PADANG, BATAM

Erwin Ashari, Shalehoddin Shalehoddin

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk  memberikan menstimuli minat dan motivasi anak-anak anak usia dini dalam belajar Bahasa Inggris yang merupakan salah satu bahasa Internasional. Dengan memberikan materi yang dasar dan dengan menggunakan metode dan pendekatan yang sesuai maka minat belajar mereka pun semakin tumbuh dengan baik. Adapun aspek yang paling ditekankan dalam kegiatan ini adalah pada penguatan dan pemerkayaan kosa kata dengan memberikan contoh di sekitar mereka. Penguatan pada cara pengucapan dilakukan dengan cara memberikan contoh pengucapan dan diucapkan berkali kali melalui metode percakapan sederhana dan irama nyanyian yang disadur. Dalam kegiatan ini, Small Group Discussion  digunakan yakni membagi peserta yang berjumlah 25 orang kedalam 5 group kecil. Dengan menggunakan metode yang bervariasi seperti menggabungkan  Game Dan Sing Songs, dihasilkan dampak yang positif, dimana pada awalnya peserta kegiatan masih terlihat malu dan takut namun pada akhirnya menjadi lebih berani dalam menyampaikan pendapat. Dampak lain yang terlihat adalah meningkatnya rasa kepercayaan diri mereka setelah digunakan pendekatan khusus yakni dengan memberikan kata pujian pada setiap jawabann yang benar dan kurang tepat. Untuk jawaban yang salah diberkan juga pujian yang bersipfat pujian terhadap keberaniannya.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Stimuli Minat dan Motivasi, Penguatan Kosa Kata dan Pengucapan

Full Text:

PDF

References


Brown, G. (2004). The Grammar of English Grammars. London: Karl Hagen Proofreading Publisher.

Dykes, B. (2007). Grammar for Everyone. Victoria: Acer Press.

Firdausia, Z. (2016). MAKE A MATCH : PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGENALAN BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PLAY GROUP & KINDERGARTEN. Skripsi; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Folse, K. S., Solomon, E. V., & Smith-Palinkas, B. (2008). Top 20 - Great Grammar for Great Writing - Book.pdf (2nd ed.). London: Sherrise Roehr.

Greenbaum, S., & Nelson, G. (2002). An Introduction to English Grammar (2nd ed.). London: Pearson Education Limited.

Hancock, M. (1998). Singing Grammar. Cambridge: Cambridge University Press.

M.Yamin. (2017). METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT DASAR M. Yamin (Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Unsyiah). Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.

Mcnally, L., & Kennedy, C. (2008). Adjectives and Adverbs. Oxford: Oxford University Press.

Muzammil, S. (2017). Pengenalan bahasa inggris kepada anak usia dini. RAHEEMA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 164–169.

Pohan, A. E. (2017). PROGRAM PELATIHAN BASIC OF ENGLISH TERHADAP ANAK-ANAK SISWA SEKOLAH DASAR DI SD N 004 SAGULUNG. Minda Baharu, 1(1), 7–14.

Radjab, D., & Syarif, H. (2009). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR KOTA PADANG. Lingua Didaktika, 3(1), 32–45.

Seaton, A., & Mew, Y. H. (2007). Basic English Grammar for English language learners (Book 1). Irvine: Saddleback Educational Publishing.

Sudrajat, D. (2015). STUDI TENTANG PELAKSANAAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD KOTA TENGGARONG Didi. Cendikia, 9(1), 13–24.

Tiono, N. I., & Yostanto, A. M. (2008). a Study of English Phonological Errors Produced By English Department Students. K@Ta, 10(1), 79–112. http://doi.org/10.9744/kata.10.1.79-112




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.