PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE “GASING” KEPADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 008 BELAKANG PADANG

Asmaul Husna, Riska Novia Sari

Abstract


Pelaksanaan program pengabdian ini didasarkan   kepada  murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 008 Belakang Padang yang merasa banyak menemui kesulitan dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran  yang dilaksanakan selama ini disekolah karena keterbatasan jumlah guru, guru hanya mengejar bagaimana materi selesai disampaikan kepada murid sehingga sangat jarang menggunakan metode-metode pembelajaran yang inovatif. Terbukti dengan kurangnya kemampuan murid dalam operasi dasar Aritmatika (perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan). Tujuan pelaksanaan program ini adalah : (a) meningkatkan pemahaman dan keterampilan murid dalam operasi dasar aritmatika, (b) melatih dan mendampingi murid dengan menggunakan metode pembelajaran “GASING”. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tiga tahap, yaitu : perencanaan, tindakan dan evaluasi. Hasil pelaksanaan program adalah  adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan murid pada operasi dasar aritmatika  dalam kategori baik.


Keywords


Metode Pembelajaran, GASING

Full Text:

PDF

References


Arief. S., 2000, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada.

Rohani, A. 2002 , Pengelolaaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hendyat Soetopo, 2002, Pendidikan dan Pembelajaran : Teori, Masalah dan Praktek, UMM Press.

Husna, Asmaul. 2017. Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar RW. 01 Kelurahan Kibing. Minda Baharu. 1(1). 19-24.

Indarti.2008. Teknik Berhitung Dengan Menggunakan GASING Guna Mendukung Kecerdasan murid. Jakarta: Bina Sarana Informatika.

Kolnel, Rusli,P.D, et al. 2015. Pengaruh Pembelajaran Matematika Gasing Pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Surya Tangerang. 2 (1). 70-76

Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. 2018. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kepulauan.

Parwati, Ni Nyoman dan Ariawan, I Putu Wisna. 2013. IbM Media Pembelajaran Matematika SD. Universitas Pendidikan Ganesha.

Prahmana, R.C.I. 2013. Designing Division Operation Learning in The Mathematics GASING. The First South Asia Design/Development Research 2013 International Conference, 391-398. Palembang: Sriwijaya University.

Shanty, N.O. & Wijaya, S. 2012. Rectangular Array Model Supporting Students Spatial Structuring in Learning Multiplication. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3 (2), 174-186.

Zainul, A dan Nasution, N.2001. Penilaian Hasil Belajar, PAU-PPAI, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.