PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR SAINS BERBANTUAN MEDIA CHARTA UNTUK MENANAMKAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK DI RW 10 KELURAHAN PELUNGGUT

Rahmi Rahmi, Desma Yulia

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, menanamkan minat belajar dan merupaka salah satu kegiatan pengembangan diri bagi anak-anak dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan bervariasi. Berdasarkan hasil survey studi lapangan yang telah kami lakukan dengan anak-anak yang tinggal di RW 10 kelurahan sungai pelunggut bahwa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan di sekolah yang berhubungan dengan masalah sains. Selain itu, penjelasan secara langsung oleh guru yang didominasi dengan metode konvensional. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan selama ini di sekolah khususnya anak tingkat SD (sekolah dasar). untuk anak-anak tingkat SD ini guru jarang menggunakan metode-metode yang inovatif dan media yang digunakan belum maksimal, sehingga kurangnya minat belajar anak-anak dalam memahami konsep dan teori sains. Salah satu cara yang digunakan pendidik untuk meningkatkan minat belajar anak-anak, adalah dengan memberikan variasi media dengan menggunakan charta. Penggunaan media charta ini dapat dilakukan secara berkelompok melalui pelaksanaan berupa prosedur pembukaan, pemberian materi dengan media charta dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) anak-anak sangat antusias, ketika mereka disuruh untuk mengerjakan soal yang diberikandan direspon dengan baik., (2) Pelaksanaan program pengabdian pada anak-anak ini sangat bermanfaat bagi mereka, sehingga dapat diterapkan media charta ini sebagai pembelajaran tambahan di rumah untuk menanamkan minat belajar anak-anak dalam mempelajari sains. 


Keywords


Media charta, Minat belajar anak-anak

Full Text:

PDF

References


Gusmania, Y., dan Agustyaningrum, N., 2018. Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Buku Saku Melalui Media Permainan Monopoli Untuk Menanamkan Minat Belajarsiswa Dalam Berhitung Di Sdn 020 Rw 02 Kelurahan Sei Langkai. Jurnal Minda Baharu. Vol 2. Desember 2018 : 49-58.

BSNP. 2006. Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.

Husna, A., 2017. Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. RW.01 Kelurahan Kibing. Jurnal Minda Baharu. Vol. 1(1):19-24.

Ismawati, E.,2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Ombak. Yogyakarta.

Linda, 2012. Penggunaan Media Charta Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV SD. PGSD. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Ramayulis, 2018. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Klelas II SD Negeri 157 Pekanbaru. Jurnal PAJAR.Volume 2 (2) : 214-222. DOI: 10.33578/pjr.v2i2.5070.

Sartikaningrum, R., 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tempel.[Skripsi]. Pendidikan Akuntansi UNY. Yogyakarta.

Suprapto, dan Anis N., 2013. Permainan Monopoli Sebagai Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tata Boga Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru. No.01/Tahun XVII/Mei 2013.

Wahyuni, S.I., 2015. Penggunaan Media Charta Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SDN Kamal 2 Kamal, Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan, volume 7, (2):126-137.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.