PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT STIMULUS (PKMS) PADA YAYASAN CINDERELLA KOTA BATAM

Sri Langgeng Ratnasari, Gandhi Sutjahjo

Abstract


Pengabdian Pada Masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang didanai oleh Kemerintek Dikti Tahun 2019 ini bertujuan untuk pemberdayaan perempuan, anak jalanan, dan penyandang cacat. Pemberdayaan perempuan khususnya pada tahanan perempuan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Baloi Kota Batam, perempuan single parent yang tidak mampu, dan pemberdayaan anak jalanan yang tergabung di Yayasan Cinderella Kota Batam. Pengabdian kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) ini menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif, serta metode andragogi. Metode andragogi adalah metode yang menekankan dan menerapkan Program Tindak Partisipatif dari peserta melalui pelatihan, diskusi, kerja kelompok, dan demonstrasi lapangan pada seluruh kegiatan yang dilaksanakan. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini dengan pendampingan, pemberdayaan, dan pelatihan meningkatkan kualitas pembuatan boneka dan pemasaran secara online. Hasil produk berupa boneka Cinderella didonasikan untuk penderita kanker, disabilitas mulai di Indonesia, negara-negara ASEAN, dan beberapa negara Eropa. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyrakat Stimulus (PKMS) ini mendapatkan hasil berupa peningkatan kualitas pembuatan boneka Cinderella dan meningkatnya pendapatan Yayasan Cinderella Kota Batam dari pemasaran online yang digunakan kembali untuk membeli bahan dan biaya pembuatan Boneka Cinderella.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat, Pelatihan, Pemasaran online, Perempuan, Disabilitas

Full Text:

PDF

References


Arofah,Y., (2011), Sistem Informasi Toko Online Branded, Tugas Akhir, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada.

Astuti, W., (2008), Sistem Pemesanan Buku Online Di Toko Buku Sahabat Pena, Tugas Akhir, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada.

Best People Indonesia, (2016). USIA EFRIYANI KIROYAN : Pendiri Cinderella From Indonesia Center Dan Batik Girls. Memberdayakan Napi Wanita, Anak Jalanan, Dan Single Parent Kurang Beruntung. https:// bestyoungindonesia.blogspot.com/2016/09/lusia-efriyani-kiroyan-pendiri. html

Cinderella from Indonesia Center, (2013). https://cinderellafromindonesiacenter. wordpress.com/2013/

Daqiqil, I, (2011), Framework Codeigniter2 Sebuah panduan dan best practice.

Hakim, L., (2013), Proyek Website Super wow dengan PHP dan JQuery, Lokomedia, Yogyakarta.

Harianto, K., (2004), Konsep dan Perancangan Database, ANDI, Yogyakarta

Hariningsih, (2005), Teknologi Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kemenristekdikti. (2018). Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Kemenristekdikti. Jakarta.

Logo (2012). Transaksi Online UMK. Gramedia. Jakarta.

Lemhannas RI. (2016). Modul Bidang Studi Kepemimpinan. Lemhannas RI., Jakarta

Murni, S., (2014). Cinderella from Indonesia Centre Asuh 23 Anak Jalanan. Tribun news, Batam.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.1963

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.