PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT NELAYAN DI TANJUNG GUNDAP

Ramon Zamora, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan dalam menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan bagi masyarakat dalam memanfaatkan potensi  ekonomi serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan  masyarakat nelayan di Kampung Tua Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam Propinsi Kepulauan Riau. Metode pelatihan yang diberikan yaitu dalam bentuk pendampingan dan pelatihan (praktek dan teori). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari berturut turut yaitu dari tanggal 10 Agustus sampai 11 Agustus 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Hasil kegiatan Pendampingan dan pelatihan ini diawali dengan perencanaan kegiatan dengan menggunakan analisis SWOT guna menentukan target usaha dan calon-calon usaha, kemudian pengorganisasian tim, yang bertujuan agar ada kejelasan dan tanggung jawab anggota tim antara tugas, wewenang, dan tanggung jawab sesuai dengan bidangnya, Setelah perncanaan kegiatan pelatihan dan penentuan pihak yang terlibat kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan perencanaan pendampingan yang telah dirancang yang diawali dengan tahap identifikasi dengan cara melakukan observasi langsung ke lapangan untuk menemukenali calon-calon usaha dan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran peserta kegiatan yaitu melalui ketua RT dimintai daftar nama peserta yang sekiranya mau dan mampu mengikuti kegiatan tersebut secara penuh dan terlebih dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya pasca pelatihan.


Keywords


Pendampingan, Pelatihan, Kewirausahaan, Kampung Tua

Full Text:

PDF

References


Aditya, R., I. 2015. Pengaruh Pelatihan terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2(27): 1-6.

Badan Pusat Statistika. 2018. Angka Pengangguran (2018). https://bps.go.id/Brs/view/id/1376 ), diakses 8 Desember 2018

Juharyanto. 2017. Kepemimpinan Unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan, Vol. 26(1): 89-100.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2009). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Terbitan I. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Kurniadin & Machali, II. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Terbitan II. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Mangkunegara, A.M. (2014). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Manulang, M. (2002). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurbudiyani, I. (2013). Model Pembelajaran Kewirausahaan dengan Media Koperasi Sekolah di SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 1(3):53-67.

Suwatno & Donni. (2011). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.