SIRKUIT PINTAR PENDIDIKAN DI KELURAHAN BUKIT TEMPAYAN KEC. BATU AJI, BATAM, PROVINSI KPEULAUAN RIAU

Nailul Himmi Hasibuan

Abstract


Pendidikan merupakan suatu dasar bagi manusia untuk menjalani kehidupannya. Salah satu metode penyampaian infomasi pendidikan bagi anak SD melalui cara bermain dan belajar antara lain menggunakan Sirkuit Pintar Pendidikan. Sirkuit pintar merupakan media permainan yang bernilai edukatif, produktif, menyenangkan, dan dapat memberi manfaat lebih dalam pembelajaran. Tujuan Kegiatan agar anak-anak di lingkungan RW 9 Kelurahan Bukit Tempayan Kec. Batu Aji Batam, Provinsi Kepulauan Riau, sehingga dapat menguasai perkalian Matematika, mengetahui iconic kota-kota di Indonesia, serta mengetahui bahasa inggris anggota tubuh manusia. Kegiatan ini ikuti oleh 23 anak yang duduk di kelas 1-4 SD. Anak-anak dikelompokkan sesuai dengan tingkat pendidikannya. Materi-materi disampaikan oleh 4 orang dosen yang ahli pada bidangnya dibantu dengan 6 orang mahasiswa. Selama kegiatan berlangsung anak-anak termotivasi untuk belajar. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang variasi dan menarik serta anak-anak diberikan reward pada setiap kegiaannya. Selain itu, anak-anak menguasai perkalian matematika, mengetahui iconic kota-kota di Indonesia, serta mengetahui bahasa Inggris anggota tubuh manusia.

Keywords


Belajar, Bermain, Sirkuit Pintar Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Benson, A dan Odera, F. (2013). Selection and use of media in teaching Kiswahili language in secondary school in kenya. Esjounal, 3 (1), 12-19

Hanifah, dkk.(2014). Study Komparasi antara Media Sirkuit Pintar dan Flash Cards Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa. JurnalDidaktikaWijayaIndria.Vol (3) No (1)

Kurniastuti, dkk (2015). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aktivitas Ekonomi Berkaitan Sumber Daya Alam Melalui Penggunaan Media Sirkuit Pintar. Jurnal Didaktika Wijaya Indria.Vol (3) No (11)

Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2004). Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rifa, Iva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta: FlashBooks

Yusuf, Y & Auliya, U. (2011). Sirkuit PintarMelejitkan Kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. Jakarta: Visi Media.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.2274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.