PENGENALAN MATERI DASAR BAHASA INGGRIS SPEAKING DI GRIYA BATU AJI ASRI TAHAP 5, RW17, SEI LANGKAI, SAGULUNG, BATAM

Shalehoddin Shalehoddin, Erwin Ashari

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan memotivasi bagi peserta didik di kursus karang taruna Griya Batu Aji Asri, RW 17, Sungai langkai, Sagulung, Kota Batam. Materi dalam kegiatan ini berfokus pada peningkatan kemampuan pengucapan dan  Speaking Bahasa Inggris peserta didik di kursus tersebut. Dalam pembelajaran tersebut, setiap peserta diminta untuk mengucapakan kembali apa yang diucapkan oleh tutor yang biasa disebut dengan Imitation Theory, dalam pengaplikasian teori imitasi ini, tim memilih metode bermain sambil belajar serta menyisipkan cerita lucu disetiap pembelajarannya. Adapun sasaran kegiatan ini adalah semua peserta didik kursus karang taruna Griya Batu Aji Asri pada tingkat Sekolah Dasar yang berjumlah 70 orang. Dari hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan tim selama proses kegiatan berlangsung bahwa terlihat adanya peningkatan kepercayaan diri peserta serta keberanian dalam berbicara bahasa Inggris, hal ini terlihat pada saat proses belajar mengajar, para peserta didik sangat antusias dan bersemangat dalam mempraktekkan pengucapan bahasa Inggris, sehingga terlihat ada peningkatan kemampuan pengucapan para peserta didik.


Keywords


Immitation Theory, Pengucapan, Speaking,

Full Text:

PDF

References


Ashari, E. (2015). Patterns of Coding in Conversation Texts of the English Zone. Anglo-Saxon, 6(8), 39–46.

Ashari, E., & Shalehoddin. (2018). Speech Function on EFL Classroom Discourse Interaction at University of Riau Kepulauan: SFL Theory. Anglo Saxon, 9(1), 1–13.

Doyan, P. (2009). An Active English Conversation Textbook. In Active (p. 12). Nagoya: Perceptia Press.

Halliday, M. A. K., & Matthiessen, C. M. I. M. (2014). Halliday ’ s Introduction to Functional Grammar (4th ed.). Abingdon: Routledge.

Issever, C., & Peach, K. (2010). Presenting Science: A practical guide to giving a good talk. Oxford University Press. Oxford: Oxford University Press. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract

Khan, I. A. (2014). Speaking Skills and Teaching Strategies for English language. Intakhab Alam Khan/ Elixir Edu, 58(September), 14557–14560.

Nikitina, A. (2013). Successful Public Speaking. Arina Nikitina & bookboon.com. bookboon.com: Arina Nikitina & bookboon.com. https://doi.org/10.1016/j.placenta.2015.10.010

Romero, B. N. (2006). Improving Speaking Skills. Encuentro, 18(1), 86–90. https://doi.org/10.1007/s12257-012-0021-6

Roth, E. H., & Aberson, T. (2008). Compelling Conversations: Questions and Quotations on Timeless Topics (Second Edi). charleston: Amazon books, inc.

Shalehoddin, & Ashari, E. (2016). “ MOVE ” ANALYSIS IN CLASSROOM INTERACTION ( An Functional Grammar Approach ). Anglo-Saxon, 7(1), 73–81. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalanglo-saxon/article/view/512

Urrutia León, W., & Vega Cely, E. (2010). Encouraging teenagers to improve speaking skills through games in a Colombian public school. Profile: Issues in Teachers’ Professional Development, 12(1), 11–31. https://doi.org/10.1634/theoncologist.2009-0333




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v2i2.2291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.