PENGADAAN TEMPAT CUCI TANGAN TANPA SENTUHAN DALAM RANGKA PEMBIASAAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Reza Nandika, Pamor Gunoto

Abstract


Peunomonia Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Pada januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah penyakit virus baru yang terjadi di Propinsi Hubei, Cina sebagai Darurat kesehatan masyarakat yang merupakan keprihatinan International. Semenjak Indonesia secara umum dan Kota Batam khususnya terdampak pandemi Covid-19 proses belajar mengajar secara tatap muka telah dihentikan dan digantikan dengan cara pembelajaran daring, kemungkinan belajar dengan tatap muka akan dilakukan jika daerah tersebut sudah menjadi zona hijau. Untuk itu dirasa perlu membuat sebuah regulasi kesehatan yang salah satunya adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk itu dirasa perlu dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona dengan cara membuat fasilitas cuci tangan yang dapat dioperasikan tanpa sentuhan. Sebuah media digital dengan memanfaatkan LED matrik dirancang pada alat cuci tangan ini sebagai himbauan dan edukasi ke siswa untuk tetap menjaga pola hidup bersih serta sebagai daya tarik siswa. Alat cuci tangan ini telah berhasil dibuat dan diharapkan dapat membantu pihak sekolah mengatasi penyebaran virus corona.


Keywords


Penyebaran covid-19, tempat cuci tangan, tanpa sentuhan.

Full Text:

PDF

References


Aminah , A. B. (2018). Kualitas Gel Pembersih Tangan (Handsanitizer) dari Ekstrak Batang Pisang dengan Penambahan Alkohol, Triklosan dan Gliserin yang Berbeda Dosisnya. Bioeskperimen, Volume 4 No.2, 1.

Deni P, J. (2015). Perancangan Prototipe Alat Cuci Tangan Otomatis Dengan Sensor . CYBER-TECHN. VOL. 10 NO. 1.

Desy K., I. N. (2015). Perancangan Alat Pencuci Dan Pengering Tangan Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Atmega16 Dan Scrolling Text Message Display . Jurnal TEknik FTUP.

Hafizur R W. (2015). Rancang Bangun Sistem Wastafel Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Menggunakan Sensor Fotodioda . Jurnal Fisika Unand Vol. 4, No. 2, April 2015.

Junaidi, Y. D. P. (2013). Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino. Bandar Lampung : Aura.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajara. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id

Pemerintah Kota Batam (2020). Pusat Informasi Seputar COVID-19 di Kota Batam https://lawancorona.batam.go.id/. Batam; Pemko Batam.

Sunandar, E. (2018). Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Layar Sentuh Dan Terintegrasi Ke Android Berbasis Arduino Mega 2560. Bandar Lampung: Jurusan Teknik Elektro - Universitas LAmpung.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.