SOSIALISASI E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI RW 18 KELURAHAN TEMBESI KECAMATAN SAGULUNG

Seftia Azrianti

Abstract


Penyelenggaraan sosialisasi dan penerapan e-commerce ini dilakukan untuk membantu meningkatkan hasil penjualan mitra. Berdasarkan hasil survey lapangan di Perumahan Permata Rhabayu terdapat 7 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang menjahit pakaian, produksi makanan kue, kerupuk, dan servis elektronik. Hampir 80 persennya mengalami kendala dalam pemasaran produk dan jasa mereka, diamana hasil penjualan tidak maksimal karena metode pemasaran yang sangat terbatas. Metode kegiatan yang digunakan adalah dengan menggunakan pengamatan langsung serta melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha dan melakukan praktek penerapan pemasaran produk melalui e-commerce. Kegiatan e-commerce ini berhasil dilakukan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan telah dibuatnya berbagai jenis media sosial kepada para UMKM baik dalam bentuk whatsapp, instagram, facebook dan lain-lain sebagai media promosi produk usaha meraka. Sehingga usaha mereka sudah dikenal luas dan tentunya meningkatkan permintaan.


Keywords


Sosialisasi, E-Commerce, UMKM

Full Text:

PDF

References


Jauhari, J. (2012). Studi Pendahuluan Untuk Pengembangan Model Pemasaran dan Penjualan Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis E-Commerce di Propinsi Sumatra Selatan. Makalah. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya. 15 hlm.

Karmawan, I.G.M., Sundjaja, A.M., dan Luhukay, D. 2010. Analisis Dan Perancangan E-Commerce Pd. Garuda Jaya. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), pp. 17-22B Yogyakarta, 19 Juni 2010.

Maryama, S. (2013). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidit, 2(1), 73-79.

Nuryanti (2013). Peran E-commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ). Jurnal Ekonomi, 21(4), 1-15.

Suyanto, M., (2003). Strategi Periklanan pada E- Commerce Perusahaan Top Dunia, Yogyakarta; Penerbit Andi. 265 hlm.

Turban, E., King,D., Mckay, J., Marshall, P., Lee, J.K dan Viehland, D. (2008). Electronic Commerce: A Managerial Perspective. Pearson Education, New Jersey. 520 p

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.