PELATIHAN APLIKASI SCHOOLOGY SEBAGAI UPAYA MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMK SAMUDRA NUSANTARA

Irmawati Liliana Kusuma Dewi, Anggita Maharani, Setiyani Setiyani

Abstract


Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), terutama dalam masa pandemi menggunakan Learning Management System (LMS) - Schoology. Pemanfaatan e-learning mempermudah guru dalam berinteraksi secara online dengan siswa, mendistribusikan materi, mengunduh daftar hadir, dan membuat evaluasi pembelajaran. Peserta kegiatan PKM LMS-Schoology adalah 18 guru SMK Samudra Nusantara berlokasi di Astanajapura Kabupaten Cirebon. Metode dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahap, 1) tahap pra pelatihan yaitu merancang modul tutorial singkat, proses pelatihan, dan angket; 2) tahap pelatihan yaitu pengenalan LMS Schoology dan pembuatan akun; 3) tahap evaluasi yaitu tanggapan guru terhadap pelatihan melalui angket. Selama pelatihan berlangsung, peserta sangat antusias dalam menyimak materi dan aktif berdiskusi. Berdasarkan hasil angket respons peserta terhadap pelatihan LMS-Schoology diperoleh rata-rata dari aspek pemateri sebesar 76.23% termasuk kategori kuat. Kegiatan pendampingan ini memberikan nilai tambah bagi guru dalam penguasaan Ipteks dan dapat digunakan sebagai platform pembelajaran yang efektif.


Keywords


Schoology, Pembelajaran Jarak Jauh, Blended Leaning

Full Text:

PDF

References


Asmara, Y., dan Mulyono, D. (2020). Workshop Pemanfaatan E-Learning Schoology dalam Pembelajaran pada GFuru SMP Bakti Ibu 11 Lubuklinggau. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2): 173–183.

Barustyawati, A. A. S., Suarcaya, P., Adijaya, M. A., dan Wage, I. P. N. (2019). Pengembangan Kelas E-Learning dengan Aplikasi Schoology di SMA PGRI Seririt dan SMA Saraswati Seririt. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4: 794–801.

Friansah, D., dan Yanto, Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoology Bagi Guru MGMP Matematika SMA/SMK Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2): 184–195.

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1): 42–48.

Rahmadoni, J., Arifnur, A. A., dan Wahyuni, U. M. (2020). Penerapan schoology sebagai learning management system bagi guru SMAN 1 Sutera. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(2): 129–137.

Riduwan, M. B. A. (2003). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rosy, B., Ranu, M. E., Nugraha, J., dan Handini, H. T. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning, Schoology Bagi Guru SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(2): 174–185.

Salim, S., Jazuli, L.O.A., Nurhayati, dan Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2): 151-158.

Setiyani, S. (2019). Blended Learning: The Effectiveness of Schoology Based E-Learning on Mathematic Communication Abuility. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2): 143–155.

Suchaina, S. (2018). Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology.: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 6(1): 47–54.

Pratiwi, P. S. (2020, Maret 15). Jokowi Imbau Masyarakat Bekerja dan Beribadah di Rumah. Head Topics Indonesia. Diakses dari Https://Headtopics.Com.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.