PEMANFAATAN GALERI VIRTUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA KABUPATEN LANDAK

Sulistiowati Sulistiowati, Nurul Komari, Sri Kurniawati, Ilzar Daud

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Kabupaten Landak, Propinsi Kalimantan Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu masyarakat Kabupaten Landak untuk mengoptimalkan promosi pariwisata agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, bahkan sampai ke manca negara. Metode yang digunakan adalah focus group discussion dan pelatihan. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan PkM ini adalah sebuah galeri virtual wisata eksotis Kabupaten Landak yang dapat menginformasikan kepada khalayak luas tentang pariwisata di Kabupaten Landak


Keywords


Landak; Galeri Virtual ; Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Albarq, A. N. (2013). Measuring the Impacts of Online Word-of-Mouth on Tourists’ Attitude and Intentions to Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 7(1): 14-22. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n1p14

Alsarayreh, M. N., Jawabreh, O. A. A., Alkharabsheh, K. S., dan Aldahamsheh, M. M. (2011). Tourism promotion through the internet (Websites) (Jordan as a case study). Asian Social Science, 7(6): 125–135. https://doi.org/10.5539/ass.v7n6p125

Cohen, E. (1974). Who Is A Tourist? A Conceptual Clarification. The Sociological Review. The Heberw University.

Gunardi, G. (2010). Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tangerang. Planesa, 1(1): 28–35.

Harjoseputro, Y., dan Herawati, F. A. (2018). Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi Kampung Wisata Rejowinangun dan Pakualaman, Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENDIMAS), 3(October), 77–82.

Kuryanti, S. J., dan Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2): 37–46.

Li, Y., dan Yang, R. (2014). New Business Model for Company to Win the Competition. American Journal of Industrial and Business Management, 4: 190-198.

Mcphead, S. (2011). Developing an internet marketing strategy: internet marketing academy and Ventus publishing Aps. Downloaded the free book at bookboon.com. Available at: www.internetmarketingacademy.comlast

Mekonen, T. A. (2016). The role of media in tourism promotion: A case study in Ethiopia. Journal of Hospitality Management and Tourism, 7(5): 50–56. https://doi.org/10.5897/jhmt2016.0177

Pitana, I.G. dan Gayatri. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Jogjakarta. Andi.

Prasetya, D., dan Rani, M. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda, 3(3): 412–421.

Soedarso, Nurif, M., dan Windiani. (2014). Potensi Dan Kendala Pengembangan Pariwisata Berbasis Kekayaan Alam Dengan Pendekatan Marketing Places (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Sosial Humaniora, 7(2): 136-149.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.