BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN JAHE MERAH SEBAGAI PRODUK KESEHATAN DI DESA TEBANG KACANG KABUPATEN KUBU RAYA

Dwi Zulfita, Nurmainah Nurmainah, Asnawati Asnawati

Abstract


Teknik budidaya tanaman jahe merah yang baik dan benar serta pengolahan rimpang jahe menjadi minuman kesehatan dalam bentuk jahe instan merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan taraf hidup petani jahe di desa Tebang Kacang Kabupaten Kubu Raya. Untuk itu pengetahuan dan keterampilan dalam desiminasi teknologi budidaya jahe merah dan desiminasi pengolahan rimpang jahe merah menjadi minuman jahe instan perlu dilakukan untuk meningkatkan gizi, tahan lama dan meningkatkan harga jual produk. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Desa Tebang Kacang mengetahui manfaat dan kandungan gizi dalam jahe merah, dapat melakukan budidaya jahe merah dengan baik dan benar serta apat mengolah rimpang jahe merah menjadi minuman kesehatan siap saji (jahe merah instan). Metode kegiatan mulai dari sosialisasi dan demonstrasi, pendampingan dan pelatihan tentang budidaya jahe merah dan pengolahan rimpang jahe merah menjadi minuman kesehatan sampai pengemasan dan pelabelan produk. Target luaran adalah dibuatannya minuman jahe merah instan dengan pengemasan dan pelabelan yang baik sehingga siap untuk dikonsumsi konsumen. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingkat partisipasi yang tinggi dari masyarakat desa Tebang Kacang memberikan dampak positif bagi pelaksanaan program, terlihat dari tingkat pemahaman serta kegunaan kegiatan mulai dari kegiatan pelatihan dan pendampingan terjadi peningkatan sampai 100% tentang teknik budidaya jahe merah yang baik dan benar dan pengolahan rimpang jahe merah menjadi minuman kesehatan dalam bentuk jahe merah instan.

Keywords


Budidaya, jahe merah, produk kesehatan

Full Text:

PDF

References


Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (2019). Pengolahan Hasil Pertanian; Mudahnya Membuat Jahe Instan. tersedia di website https://pertanian.pontianakkota.go.id/ artikel/55 -pengolahan-hasil-pertanian-mudahnya- membuat-jahe-instan.htm dan dipublikasikan pada tanggal 17 juni 2019.

Harahap, A.D., Efendi, R., dan Harun, N. (2016). Pemanfaatan Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale Var. rubrum ) dan Kulit Nanas (Ananas comosus L. Mer) Dalam Pembuatan Bubuk Instan. Jom Faperta, 3(2), 1-6.

Julianti, E., dan Mimi, N. (2006). Teknologi Pengemasan. Bahan Ajar Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara

Kemendagri (2018). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diakses tanggal 2 Februari 2020.

Lamtiur, P.T. 2015. Manfaat Jahe Merah ( Zingiber officinale Roscoe ) Terhadap Kadar Asam Urat. Jurnal Agromed Unila, 2 (4), 530-535.

Mussafi, N.S.M., Nugraheni I., dan Malahayati. (2017). Rekayasa Jahe Merah Pada Lahan Kering Girisuko Gunung Kidul Untuk Optimalisasi Kelompok Tani Wanita Sukosari Guna Meningkatkan Perekonomian Keluarga Miskin. Jurnal Bakti Saintek; 1(1), 1-8.

Sadikim, R.Y., Sandhika, W., Saputro, I.D. (2018). Pengaruh Pemberian Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale Var. rubrum ) Terhadap Jumlah Sel Makrofak dan Pembuluh Darah Pada Luka Bersih Mencit (Mun Culus) Jantan (Penelitian Eksperimental Pada Hewan Coba ). Periodical Of Dermatology And Venereology, 30(2), 121-127.

Samudra. B. (2019). Budidaya Jahe Merah sebagai Tanaman Kesehatan, diakses di http://samudra bibit.net, pada tanggal 29 Januari 2020.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.