PENGABDIAN DONOR DARAH PADA MASYARAKAT “SETETES DARAH UNTUK KEMANUSIAAN DITENGAH PANDEMI COVID-19 “

Linayati Lestari, Rona Tanjung, Karol Teovani Lodan, Rini Elfina

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menyosialisasikan donor darah kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19 dan sebagai upaya membantu ketersediaan stok darah di Kota Batam. Selain itu tujuan lainnya adalah sebagai upaya mendorong peningkatan kepedulian semua elemen masyarakat dalam kegiatan sosial ditengah masa pandemi covid-19 serta mewujudkan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen di Perguruan Tinggi masing-masing, terutama di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Melihat situasi menipisnya stok darah di Palang Merah Indonesia Kota Batam membuat dosen-dosen dengan penuh kesadaran tergerak untuk membantu ketersediaan stok darah tersebut. Kegiatan “Donor Darah” ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di Atrium 2 Grand Mall Batam, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. Bentuk kegiatan merupakan kegiatan donor darah. Peserta donor darah yang berpartisipasi dari berbagai pihak. Adapun informasi mengenai peserta donor darah adalah sebagai berikut: Peserta yang mendaftar berjumlah 97 orang; peserta yang dinyatakan boleh mendonorkan darah berjumlah 65 orang. Secara umum pelaksanaan kegiatan donor darah “Setetes Darah untuk Kemanusiaan” terlaksana sesuai rencana dan berjalan dengan lancar. Terlaksananya kegiatan tentunya tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, baik para peserta donor darah, dosen-dosen, donator, PMI Kota Batam, Polsek Lubuk Baja, panitia dari Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA), Universitas Putera Batam (UPB), dan Universitas Ibnu Sina (UIS). Semoga kegiatan sosial donor darah dapat pula terlaksana di masa yang akan datang sebagai wadah sosial untuk kemanusiaan

Keywords


Pengabdian; kemanusiaan; donor darah; pandemi.

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. 2010. Upaya Menghimpun dan Melestarikan Darah. Bulletin Transfuse Darah. Vol: 27 (279).

Batampos. (2020). Stok Darah di PMI Kota Batam Menipis. https://batampos.co.id/. (diakses 13 Juli, 2020).

Budiningsih, A. 2011. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pendonor sukarela untuk mendonorkan darah di UTD-PMI Kota Medan tahun 2010. [Skripsi]. FKM USU, Medan. Tidak dipublikasikan.

Kurniadin dan Machali, II. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Terbitan II. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Palang Merah Indonesia (PMI). (2012, Agustus). Serba-Serbi Transfusi Darah. Palangmerah.org. Diakses pada palangmerah.org.

Pribadi, T., Indrayanti, A. L., dan Yanti, E. V. (2018). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Donor Darah Di Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 3(1), 50–58.

Situmorang, P.R., Sihotang, W.Y., dan Novitarum, L. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelayakan Donor Darah di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Jurnal Analis Medika Bioains (JAMBS), 7(2), 122-129.

Swari, R. C. (2020, November 2020). 5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda. hellosehat.com. Diakses pada hellosehat.com.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.