OPTIMALISASI BAHAN-BAHAN PERTANIAN DALAM PEMBUATAN PESTISIDA NABATI UNTUK MENANGGULANGI HAMA PADA TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L) DI DESA GUNUNG SELAMAT

Delsa Pramadani, Yudi Triyanto, Khairul Rizal, Hilwa Walida, Novilda Elizabeth, Dahrul Aman Harahap

Abstract


Masalah yang sering dihadapi oleh petani adalah sulitnya mengatasi masalah Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) di lahan pertanian yang masih sering mengandalkan pestisida kimia. Untuk menunjang konsep Penanggulangan Hama Terpadu (PHT) dalam rangka pengurangan penggunaan pestisida kimia perlu dicari alternatif pengendalian yang bersifat ramah lingkungan antara lain penggunaan bahan bioaktif (insektisida nabati, dan repellen), serta penggunaan perangkap berperekat. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk merubah pola pikir petani kacang panjang dalam mengatasi masalah OPT yang cenderung menggunakan pestisida kimia. Metode dalam kegiatan ini adalah pendekatan rekayasa sosial berupa sosialisasi dan pelatihan secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan masyarakat mitra dalam pembuatan pestisida nabati. Pada kegiatan ini juga telah di ujicobakan pengunaan pestisida nabati pada pengendalian hama pada kebun contoh dan telah dilakukan analisis sempel pada tanaman kacang panjang dengan 2 petak bedengan dengan hasil memuaskan. Kegiatan pengebdian ini secara umum berjalan dengan cukup baik, namun para petani masih ada yang belum menyadari pentingnya mengendalikan hama secara nabati.

Keywords


Pestisida kimia, nabati, kacang panjang

Full Text:

PDF

References


Aprilianto, E. dan Setiawan, B.H. 2014. Perkembangan Hama Dan Musuh Alami Pada Tumpangsari Tanaman Kacang Panjang Dan Pakcoy. AGRITECH, 16 (2): 98–109.

Hadi, S., Hazmi, M., Wijaya, I., Akhmadi, A.N dan Wahyudi, M.I. 2021. Optimalisasi Ketersediaan Produk-Produk Pertanian Berbasis Organic Farming Menuju Gaya Hidup Sehat Melalui Sistem Pertanian Terpadu, Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (1): 94–105.

Hidajati, W. 2011. Hama Dan Penyakit Utama Kacang Panjang Serta Penanganan Panen Dan Pasca Panen. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/50641/Hama-Dan-Penyakit-Utama-Kacang-Panjang-serta-Penanganan-Panen-dan-Pasca-Panen-/.

Nasution, M.T. 2019. Uji Efektifitas Beberapa Konsentrasi Ekstrak Daun Pepaya Terhadap Kutudaun Aphis Craccivora Koch. (Himeptera:Aphididae) Pada Tanaman Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.). Undergraduate Thesis, Sriwijaya University.

Sari, M., Lubis, L., dan Pangestiningsih, Y. 2013. Uji Efektivitas Beberapa Insektisida Nabati Untuk Mengendalikan Ulat Grayak (Spodoptera Litura F.) (Lepidoptera : Noctuidae) di Laboratorium. Jurnal Agroekoteknologi, 1 (3): 660-569.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.3277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.