PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BERBASIS LITERASI SAINS DI MGMP IPA KABUPATEN SUKABUMI

Indarini Dwi Pursitasari, Bibin Rubini, Mohammad Iqbal Suriansyah

Abstract


Literasi sains siswa Indonesia hasil penilaian PISA masih rendah. Permasalahan serupa juga terjadi di Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu guru-guru Ilmu Pendidikan Alam (IPA) khususnya yang tergabung di Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Sukabumi perlu memliki pengetahuan tentang literasi sains yang baik. Tujuan dari kegiatan pelatihan penyusunan RPP dan Asesmen literasi sains adalah menentukan literasi sains guru serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun RPP dan Asesmen berbasis literasi sains. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan pengetahuan tentang literasi sains, aspek-aspek literasi sains, dan praktek penyusunan RPP dan Asesmen Literasi Sains. Literasi sains guru diukur menggunakan tes literasi sains. Adapun untuk menentukan pengetahuan guru terhadap literasi sains dan asesmennya menggunakan angket terbuka. Hasil kegiatan menunjukkan literasi sains guru IPA Kab. Sukabumi termasuk kategori tinggi dengan rerata 86. Perolehan tertinggi pada aspek konteks adalah konteks sosial, aspek konten yaitu jaring-jaring makanan, dan aspek kompetensi adalah menjelaskan fenomena ilmiah. Guru-guru IPA juga terampil menyusun RPP dan soal literasi sains dengan kategori baik.

Keywords


Literasi Sains, Asesmen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., dan Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 10(2), 131–146.

Angraini, T., Syamsurizal, Handayani, D., dan Farma, S. A. (2019). Effect of Discovery Learning with Science Literacy Toward Students Sains Learning Competences at VII Grade.pdf. Bioeducation Journal, 3(1), 90-96.

Budimansyah, D. (2020). Kreativitas Guru di Masa Pandemi melalui Model Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 7–12.

Bybee, R., dan McCrae, B. (2011). Scientific literacy and student attitudes: perspectives from PISA 2006 science. International Journal of Science Education. 33(1), 7–26.

Dewi, S. R., Nurmilawati, M., dan Budiretnani, D. A. (2017). Improving of scientific literacy ability using discovery learning model at the seven-th grade students of state JHS 3 Ngronggot, Nganjuk-Indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 266–271.

Kartal, E., Cobern, W. W., Dogan, N., Irez, S., Cakmakci, G., dan Yalaki, Y. (2018). Improving science teachers’ nature of science views through an innovative continuing professional development program. International Journal of STEM Education, 5(30). 1-10

Hernawati, D., Amin, M., Al Muhdhar, M. H. I., dan Indriwati, S. E. (2019). Science literacy skills through the experience of project activities with assisted local potential-based learning materials. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 159–168.

Hestiana, dan Rosana, D. (2020). The Effect of Problem Based Learning Based Sosio-Scientific Issues on Scientific Literacy and Problem-Solving Skills of Junior High School Students. Journal of Science Education Research, 4(1), 15–21.

Hikmawati, A., Pursitasari, I. D., Ardianto, D., dan Arif, A. (2020). Development of Digital Teaching Materials on Earthquake Themes to Improve STEM Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1521(1), 1–9.

Huda, S. A. (2020). Guru Kreatif di Masa Pandemi Covid-19. Proding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 28–32.

Junaid, R., dan Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122–129.

Khasanah, N., dan Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Literasi Sains ditinjau dari Kecerdasan Naturalis The Influence of Guided Discovery Learning Model Toward Scientific Literacy Based on Naturalist Intelligence. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 346–351.

Lestari, H., dan Rahmawati, I. (2020). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. International Journal of Instruction, 7(1), 19–32.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran jarak jauh berbasis web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.

Odegaard, M., Haug, B., Mork, S., dan Sorvik, G. O. (2015). Budding Science and Literacy. A Classroom Video Study of the Challenges and Support in an Integrated Inquiry and Literacy Teaching Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 167(1877), 274–278.

Prastika, M. D., Wati, M., dan Suyitno. (2019). The Effectiveness of Problem-Based Learning in Improving Students Scientific Literacy Skills and Scientific Attitudes. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 185–195.

Pursitasari, I. D, Suhardi, E., dan Ardianto, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Konteks Kelautam untuk Meningkatan Literasi Sains. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 3(2), 88–105.

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., dan Putikah, T., (2019). Fun Science Teaching Materials on the Energy Transformation to Promote Students Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(2), 155–168.

Rubini, B., Ardianto, D., Pursitasari, I. D., dan Permana, I. (2017). Professional development model for science teachers based on scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1233(012074)

Setiani, A., Situmotang, M., dan Silalahi, A. (2021). Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117–138.

Sriyanti, I., Siahaan, S.M., Muslim, M., Sudirman dan Ariska, M. (2018). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga IPA Sederhana sebagai Upaya untuk Menciptakan Karya Inovatif Bagi Guru-guru IPA SMP Se-Kota Lubuklinggau. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika (JIPF), 1, 116–122.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.