PERBAIKAN KEMASAN KRIPIK BASRENG UNTUK MENINGKATKAN PERLUASAN PASAR PADA UKM SUKI

Kusnandar Kusnandar, Mohamad Harisudin, Rr. Aulia Qonita, Erlyna Wida Riptanti

Abstract


Kemasan merupakan hal yang penting di dalam mengemas suatu produk. Kemasan dapat menjaga supaya produk berada dalam kondisi aman, terlihat lebih cantik dan menarik,  sehingga produk dapat memikat konsumen atau pembeli. Kondisi persaingan antar produsen makanan yang semakin besar, menyebabkan nilai estetika dari sebuah kemasan akan menjadi daya tarik tersendiri. Nilai estetika kemasan merupakan salah satu cara untuk menjaring konsumen. Permasalahan yang dihadapi UKM Suki adalah kemasan produk yang tidak menarik dan belum menunjukkan informasi mengenai kripik bangsreng. Kegiatan Pengabdian Mayarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini mempunyai tujuan untuk memperbaiki desain kemasan Kripik Basreng UKM Suki agar dapat lebih menarik, bagus dan marketable. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan di dalam proses perbaikan desain kemasan yang digunakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendampingan dan introduksi kemasan yang lebih marketable dapat meningkatkan image  produk Kripik Basreng UKM Suki. Produk dapat bersaing di pasaran, sehingga produk dapat dipasarkan lebih luas.

Keywords


Basreng, Desain, Kemasan

Full Text:

PDF

References


Abriana, A., dan Indrawati, E. (2020). Bandeng dan Diversivikasi Produk Olahannya. CV Syah Media. Makassar.

Agustina, Y., Pratikto, H., Churiyah, M., & Dharma, B. A. (2019). Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produk Halal Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 139–150.

Anam, C., dan Riptanti, E. W. (2017). Introduksi Booth Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness Kue Leker Menuju UKM Naik Kelas. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 08(01), 68–76.

Engelen, A., dan Angelia, I. O. (2018). Kerupuk Ikan Lele (Clarias sp ) dengan Substitusi Tepung Talas (Colocasia esculental L . Schoott). Jurnal Technopreneur, 5(2), 34–43.

Hartati, F. K. (2017). Analisis Boraks Dengan Cepat, Mudah dan Murah. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.36048/jtpii.v2i1.2827

Herlina, N., dan Yulia, Al. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Miskin Melalui Legalitas Produk Pangan Industri Rumah Tangga (Home Industry). Jurnal Ilmiah Galuh Justis, 8, 230–244.

Kusnandar, Harisudin, M., Setyowati, N., Adi, R. K., dan Qonita, R. R. A. (2020). Inovasi Bisnis : Upaya Adaptasi UKM Werkudoro di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 1(2), 81–88.

Maisur, W. A., Desmelati, dan Dewita. (2019). Pengaruh Jenis Ikan Air Tawar Berbeda Terhadap Karakteristik Mutu Kerupuk Amplang Ikan. Jurnal Agroindustri Halal, 5(2), 151–159. https://doi.org/10.30997/jah.v5i2.1801

Pakpahan, N., dan Nelinda. (2019). Studi Karakteristik Kerupuk: Pengaruh Komposisi dan Proses pengolahan. Teknologi Pengolahan Pertanian, 1(1), 28–38.

Purnamaningsih, P. E., Wismayanti, K. W. D., dan Sudiartini, N. W. A. (2021). Pengabdian Partisipatif Masyarakat dalam pengembangan ide UMKM Kreatif dan Inovatif di Tengah pandemi Covid 19 di Desa Pikat Kabupaten Klungkung. Jurnal Sewaka Bhakti, 6(April), 83–91.

Rahayu, W., Anam, C., dan Riptanti, W. (2018). Peningkatan Usaha Keripik Singkong Rasa Gadung Menuju Ukm Yang Berdaya Saing. Inoteks, 22(1), 34–40.

Rambe, B. H., Hanum, F., dan Prayoga, Y. (2020). Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Media Sosial, Pelaku UMKM. Minda Baharu, 4(2), 131–138.

Rini, E. S., Arini, N. W. S., & Purnama, I. G. A. V. (2020). Mendesain Ulang Kemasan dan Label Produk Kopi Odah. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), 99–106.

Saragih, D. S., Adawiyah, D. R., dan Rungkat, F. Z. (2021). Sterilisasi Komersial Cassava Chunk pada Kemasan Hermetis Standing Pouch dan Perubahan Sifat Fisikokimianya. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 26(2), 184–191. https://doi.org/10.18343/jipi.26.2.184

Triwibowo, D. (2021). Pengembangan Madu Kelulut Paringin, Kab. Balangan: Integrasi Program Pascatambang Batubara dan Pemberdayaan Masyarakat. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 5(1), 91–101. https://doi.org/10.20961/prima.v5i1.48591




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.