MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN PENYIARAN DIGITAL MELALU PODCAST, RADIO STREAMING, DAN YOUTUBE DI MAN BINTAN

Nova Dwiyanti, Afna Fitria Sari, Ahmad Hamdan, Ning Ratna Sinta Dewi, Yozi Rahmadeni

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan dalam memanfaatkan penyiaran digital sebagai alat penunjang pembelajaran siswa MAN Bintan melalui Podcast, Radio Streaming, dan Youtube. Kegiatan pengabdian dilaksanakan menggunakan pendekatan atau metodelogi Metode Participatory Action (PAR).. Setelah dilakukannya pengabdian maka dapat terlihat kemampuan, pemahaman, kreatifitas dan minat siswa dalam menggunakan media digital. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kemmapuan siswa dalam penyiaran digital dengan memanfaatkan Podcast, Radio Streaming, dan Youtub. Hasil dari kegiatan juga telihat antusias dan ketertarikan yang tinggi siswa terhadap kegiatan pelatihan ini seperti pada penampilan siswa pada praktek pelaksanaannya yaitu, memunculkan sikap berani dan percaya diri, mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, terutama dalam penggunaan dan pemilihan kata-kata dan bahasa yang akan disampaikan yang dianggap dapat menarik setiap orang yang mendengarnya. Kegiatan pengabdian ini juga untuk memberikan sumbangan ilmu yang bermanfaat terhadap guru dan siswa Maka pihak sekolah mengharapkan adanya kegiatan lanjutan agar siswa dapat mendalami dunia digital secara maksimal.


Keywords


Penyiaran Digital. Media Pembelajaran, Peningkatan Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Dewi, T.M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 70-76.

Faiqah, F., Nadjib, M., dan Amir, A. S. (2016) Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagikomunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA. 5 (2), 259-272

Geoghegan, M.W., dan Klass,M.W (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting, USA: Friendsof. page, 59.

Jati, R. P., dan Herlina, M. (2013). Hubungan Antara Radio Streaming dengan Persepsi dan Kepuasan Audiensdi PT. MNC Skyvision Jakarta. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, 2(1), 589-602

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah (2019). Fikih Informasi, Suara Muhammadiyah, Yogyakarta.

Medcom (2010) Menggengam Dunia dengan Internet, CV Andi Offset. Yogyakarta.

Rusdi, F.(2012). Podcast sebagai Industri Kreatif, Proceeding Seminar Nasional, Inovasi, dan Teknologi (SNIT). Hal. B-91.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3672

DOI (PDF): https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3672.g2670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.