PENDAMPINGAN UMKM MELALUI PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DAN PRODUCT BRANDING DI PERUMAHAN GRIYA BATU AJI ASRI RT.01/RW.018 KELURAHAN SEI LANGKAI, KECAMATAN SAGULUNG, KOTA BATAM

Erwin Ashari, Dini Anggraini, Aznedra Aznedra

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh sekelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian di Indonesia. UMKM mberkembang pesat karena  kegiatan dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki kreatifitas dan kemauan dalam menjalankannya. Namun, semenjak pandemi Covid-19 menyerang, pelaku UMKM cukup kewalahan dalam menghadapinya dikarenakan pendapatan  yang menurun dan kurangnya pemasaran terhadap produk yang dijual yang menyebabkan lemahnya daya jual, sehingga tim pengabdi melakukan kegiatan pendampingan UMKM melalui pelatihan strategi pemasaran dan product branding,dimana kegiatan ini dilaksanakan di perumahan Griya Batu Aji Asri tahap 4 RT 01/RW 18 Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2021, 6 dan 7 November 2021 serta 13 dan 14 November 2021. Pelatihan strategi pemasaran dan product branding yang dilakukan berdampak pada peningkatan  nilai pada produk dari mitra yang merupakan manfaat dari peningkatan mutu produk, desain, dan pemanfaatan teknologi dalam pemasaran produk mitra. Setelah melakukan kegiatan pengabdian ini, mitra kini memiliki product branding yang didesign serti logo. Disamping itu, mitra kini memiliki banner yang informatif. Dengan adanya banner tersebut, maka  pelanggan mitra akan lebih mudah mengenali produk mitra. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mitra adalah menyebarluaskan informasi produk mitra di media sosial. Dengan adanya program ini diharapkan bisa memberikan peningkatan income bagi mitra dan juga sebagai contoh nyata bagi masyarakat sekitar yang pada saat ini belu tergerak hatinya untuk membuka usaha yang memiliki kemiripan jenis atau sifat dengan usaha mitra.  


Keywords


UMKM, Branding Product, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, G., dan Wahanggara, V. (2021). Branding Produk Sebagai Solusi UMKM di Masa Pandemi. Journal of Community Development, 2(1), 56–59. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i1.26

Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 27–46.

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., dan Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.

Dewi, A.S., Pujiati, A., Sarifudin, A., dan Winata, R.Y. (2021). Pembinaan Dan Pendampingan Umkm Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pada Masyarakat Pesisir. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(01), 52–59. https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1240

Hafni, R., dan Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi Dan Studin Pembangunan, 15(2), 77–96.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Krisnawati, W. (2021). Pelatihan Personal Branding dan Product Branding pada Karang Taruna dalam Meningkatkan Pemasaran serta Penjualan Produk UMKM Desa Klangonan Gresik. DedikasiMU (Journal of Community Service), 3(September), 961–969.

Rezky, S.F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E.F., dan Simangunsong, P.B.N. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Jurnal Abdimas TGD, 1(1), 39–44.

Sasongko, D., Putri, I.R., Alfiani, V.N., Qiranti, S.D., Sari, R. S., dan Allafa, P.E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Setiawati, S.D., Retnasari, M., dan Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Tanan, C.I., dan Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.