PENYULUHAN PENTINGNYA SARAPAN SEHAT DAN BERGIZI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 TASIKMALAYA

Rosyda Dianah, Salsa Dila, Amanda Zahra Maudina, Andhika Erlangga Bimantoro, Ichsan Wicaksono

Abstract


Masyarakat membutuhkan sarapan pagi yang menyediakan energi untuk digunakan pada jam-jam pertama beraktivitas. Efek tidak sarapan adalah tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas, terutama dalam proses belajar. Sarapan dengan gizi seimbang dan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis dan penyakit menular. Daya tahan tubuh yang baik merupakan salah satu pertahanan terhadap paparan dari virus Covid-19. Tujuan  dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya mengkonsumsi sarapan pagi yang sehat dan bergizi seimbang terutama pada masa pandemi Covid-19 kepada siswa SMA Negeri 2 Tasikmalaya, selain itu diharapkan terjadi perubahan perilaku dari tidak mau/tidak bisa sarapan menjadi rutin sarapan yang sehat dan bergizi seimbang.  Metode yang digunakan adalah penyuluhan secara online melalui zoom meeting, pelaksanaan games tentang sarapan dan pengisian kuesioner pre-test serta post test. Penyuluhan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa program studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi Sekolah Vokasi IPB dan diikuti oleh 1 orang guru dan 71 orang murid SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Hasil penyuluhan ini menunjukkan bahwa hasil post-test mengalami peningkatan dibandingkan hasil pre-test sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kognitif dari peserta penyuluhan tentang pentingnya sarapan sehat dan bergizi seimbang dengan harapan diikuti dengan perubahan perilaku rutin sarapan sehat dan bergizi seimbang serta meninggalkan kebiasaan sarapan yang tidak tepat dan tidak sehat.

Keywords


Bergizi; Covid-19; Penyuluhan; Sarapan; Seha

Full Text:

PDF

References


Agnesia, D. (2010). Peran Pendidikan Gizi Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja Di Sma Yasmu Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Academics In Action Journal of Community Empowerment, 1(1), 61-76.

Arianti, S. D., Syamsianah, A, dan Handarsari, E. (2021). Hubungan Kontribusi Lauk Hewani, Nabati dan Sayuran dengan Tingkat Konsumsi Protein dan Zat Besi Pada Mahasiswi yang Tinggal di Rusunawa Residence 1 Unimus. Jurnal Gizi, 4(2), 22 – 28.

Awianti, R., P. (2016). Hubungan Antara Sarapan Pagi Dengan Sindrom Dispepsia Pada Remaja Di SMPN 16 Surakarta. [Disertasi]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Costa, M. (2013). Choosing the Right Assessment Method: Pre-Test/Post-Test Evaluation, Boston University.

Depkes RI. (2002). Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan Tuberkulosis di Indonesia. Departemen Kesehatan RI. Jakarta.

Depkes RI. (2008). Pusat Promosi Kesehatan, Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan, dalam Pencapaian PHBS. Departemen Kesehatan RI. Jakarta.

Kemenkes RI. (2013). Laporan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kemenkes RI. (2011). Promosi Kesehatan di Daerah Bermasalah Kesehatan Panduan bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Khalida. E., Fadlyana, E, dan Somaseria, D., A. (2015). Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar dan Fungsi Kognitif pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 17(2),89 – 94.

Lentini, Banun, & Margawati, A. (2014). Hubungan Kebiasan Sarapan Dan Status Hidrasi Dengan Konsentrasi Berfikir Pada Remaja [Disertasi]. Universitas Diponegoro. Semarang.

Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Nuraeni. (2018). Pengaruh Sarapan Pagi terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa/I Semester II Program Studi Ners. Institut Medika Drg. Suherman. Bekasi.

Purwanto, M.N. (1998). Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. CV Remaja Karya. Bandung.

Rahma, A.S. (2019). Tingkat Pengetahuan dan Kebiasaan Sarapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Uin Alauddin Makassar Tahun 2017. Alami Journal, 3(2), 13-21.

Sari, A.F.I., Briawan, D, dan Dwiriani, C.M. (2012). Kebiasaan dan Kualitas Sarapan pada Siswi Remaja di Kabupaten Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 7(2), 97—102.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.