PENINGKATAN POTENSI PENDAPATAN MELALUI PENENTUAN HARGA JUAL GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAERAH

Yana Ulfah, Irwansyah Irwansyah, Ferry Diyanti, Mega Norsita, Eka Febriani

Abstract


Salah satu peran penting UMKM yaitu mendukung peningkatan perekonomian daerah dengan cara meningkatkan pendapatan usaha. Penentuan harga jual yang tepat menjadi fokus utama sehingga produk yang dipasarkan mampu bersaing secara kompetitif dan berdampak langsung terhadap peningkatan potensi pendapatan UMKM. Selaras dengan hal tersebut, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu UMKM dalam menentukan harga jual produk yang tepat. Kegiatan PKM ini penting untuk dilakukan mengingat UMKM sebelumnya hanya menghitung harga jual berdasarkan biaya bahan saja ditambah mark up keuntungan tanpa memasukkan unsur biaya lainnya. Sasaran kegiatan ini adalah UMKM yang membuat batik tulis pada LKP Atiiqna SMART di kota Samarinda dengan jumlah peserta sebanyak 8 (delapan) orang. Pendekatan edukatif digunakan dalam penyampaian materi secara langsung maupun dalam kegiatan pendampingan yang dilakukan kepada UMKM. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah adanya peningkatan pemahaman UMKM dalam menghitung harga pokok dan menentukan harga jual produk yang tepat dengan menggunakan metode cost-plus pricing.


Keywords


UMKM, Pendapatan, Harga Jual, Cost-Plus Pricing

Full Text:

PDF

References


Fadillah, S., Maemunah, M., dan Hernawati, N. (2021). Pemahaman UMKM Terhadap Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan. Kajian Akuntansi. 22 (2), 135-147.

Febryanti, A.R., dan Rani, A.M. (2019). Penerapan Perencanaan Agregat untuk Meminimumkan Biaya Produksi (Studi pada CV. X). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16 (2),144-150.

Garrison, Ray H., Noreen, Eric W., dan Brewer, Peter C. (2012). Managerial Accounting. 14th Edition. McGraw-Hill/Irwin. New York.

Handayani, M., dan Iryanie, E. (2019). Akuntansi Biaya. (A. Pratomo (ed.) Poliban Press. Banjarmasin. 110 hlm.

Hanim, L., dan Noorman, M. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha (pertama). Unissula Press. Semarang.

Lasut, T. (2015). Analisis Biaya Produksi Dalam Rangka Penentuan Harga Jual Makanan Pada Rumah Makan Ragey Poppy di Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Akutansi, 3(1), 43-51.

Mulyadi. (2016). Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah No.7 (2021). Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Purwaji, A., Wibowo dan Muslim, S. (2016). Akuntansi Biaya. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen, Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Grasindo. Jakarta.

Yustitia, E., dan Adriansah. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.4231

Refbacks



License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.