PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KELURAHAN TEMBESI DENGAN PENDAMPINGAN DAN PENYULUHAN METODE PEMASARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Qomarotun Nurlaila, Faradila Ramadhani Siketang, Aliato Nainggolan, Muhammad Rezki, Natal Wijaya Siahaan, Cristi Romauli Sirait

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pendapatan UMKM di kelurahan Tembesi dengan melakukan pendampingan dan penyuluhan tentang metode pemasaran pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pengecekan langsung masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah enam pelaku UMKM di Kelurahan Tembesi yaitu Es campur, Distera taylor, tempe mendoan, warung makan, empek-empek, rujak. Pendapatan dari para mitra pelaku UMKM terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Semua pelaku belum melakukan promosi dengan media sosial, sedangkan di masa pandemi Covid-19 mayoritas masyarakat mengurangi kegiatan diluar dan melakukan pembelian secara online. Pelaku UMKM yang bergerak dibidang makanan dan minuman, mayoritas belum memperhatikan kemasan dan tidak menggunakan label sebagai identitas dari pelaku UMKM. Dalam proses pendampingan dan penyuluhan mayoritas pelaku UMKM mengikuti arahan dari pelaku pengabdian masyarakat, meskipun ada 2 pelaku UMKM yang tidak bersedia menerapkan promosi dengan media sosial yaitu UMKM tempe mendoan dan rujak. Secara keseluruhan, pelaksanaan pengabdian masyarakat memberikan perubahan positif terhadap pendapatan pelaku UMKM.


Keywords


UMKM, media sosial, metode pemasaran, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Agustinah, F., dan Widayati, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345

Arrizal, N., dan Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48.

Bahtiar, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24.

Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Indrawati, K., Sudiarta, I., dan Suardana, I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83.

Maleha, N., Saluza, I., dan Setiawan, B. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Desa Sugih Waras Kec. Teluk Gelam Kab. OKI. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1441–1448. doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3476

Munawar, dan Bachriani, R.S. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian. Tirtayasa Ekonomika, 1(2), 167-181.

Nuraeni, S., dan Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama Pada Tahun 2017. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 280–285.

Perdamaian, P., Puspita, A., dan Frida, N. (2020). Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 28–36.

Pratama, M., Misnawati, D., dan Renaldi, M. (2022). Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Promosi Desa Surabaya Timur. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 86–90. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i1.225

Puspitarini, D., dan Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putri, R. (2016). Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi: Studi Pada UD Wijaya Kusuma Kota Blitar. Jurnal WRA, 4(2), 813–828.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Wicaksono, K. (2013). Mengukur Efektivitas Social Media Bagi Perusahaan. Binus Business Review, 4(1), 551–564. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1419




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.