PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PROMOSI DAN PUBLIKASI KAMPUNG ADAT RIMBO TAROK

Stefvany Stefvany, Vernanda Em Afdhal, Tedy Wiraseptya

Abstract


Indonesia memiliki keragaman budaya serta tradisi yang melekat pada setiap daerah. Hal inilah yang menjadi potensi lahirnya wisata budaya yang ada di Indonesia mulai dari sabang sampai marauke. Namun semenjak wabah Covid-19 hadir di Indonesia pada tahun 2020 lalu, wisata lokal menjadi imbas yang membuat kunjungan wisata merosot turun. Dampak tersebut serupa yang di alami di kampung adat Rimbo Tarok yang terletak di Kelurahan Gunung Sariak. Berangkat dari persoalan tersebut kampung adat Rimbo Tarok harus mulai berpromosi secara digital atau meggunakan media digital dengan pelatihan digital marketing sebagai strategi promosi dan publikasi kampung adat Rimbo Tarok. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan digital marketing, menciptakan media promosi dan publikasi, memberikan keilmuaan digital marketing, menciptakan media promosi dan publikasi untuk pengembangan Kampung Adat Rimbo Tarok Gunung Sariak dan menciptkan. Ruang kreatif bagi yang terlibat dengan kampung adat tersebut. Metode Pelatihan digital ini menggunakan pendekatan persuasif edukatif yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan rumah adat Rimbo Tarok. Hasil dari pelatihan ini meningkatkan kemampuan, kreatifitas dan pengetahuan pihak kampung adat dalam mempromosikan dan pengembangan kampung adat melalui digital marketing, mempunyai akun instragam sebagai sarana promosi, kemudian luaran yang akan dicapai berupa jurnal pengabian kepada masyarakat, buku serta modul tentang digital marketing.

Keywords


Digital Marketing, Kampung Adat,Promosi, Rimbo Tarok

Full Text:

PDF

References


Herdiana, D., Rusmanto, W., & Enang, K. (2021). Program Pengabdian Kepada Masyarakat Secara Daring: Memberdayakan Masyarakat Desa Berbasis Digital. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 496-500.

Afdhal, V. E. . (2019). Siamang Putiah: Komik Fantasi Kearifan Lokal Cerita Rakyat Minangkabau. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.35134/judikatif.v1i2.32

Marsdenia, M., dan Pranita, D. (2019, November). Desa Tematik Solusi Kemandirian Ekonomi Desa Di Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 2(1), 51-56).

Kinanti, A., & Harsasto, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Tematik (Studi Kasus Kampung Tahu Tempe Gumregah di Kelurahan Lamper Tengah, Kota Semarang). Journal of Politic and Government Studies, 8(02), 21-30.

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021).Optimalisasi digital marketing melalui Facebook ads di Kelurahan Purwanegara. J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(1), 17-22.

Afdhal, V. E., Wulandari, W., & Marta, W. (2021). Visual Communication in the Design of the" Fathiyah" Application as a Learning Media for Hijaiyah Letters in the COVID-19 Period. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(1), 64-72. https://doi.org/10.24036/jtip.v14i2.538

Wiraseptya, T., & Afdhal, V. E. (2019). Kajian Ikonografis Senjata Tradisional Kurambiak Minangkabau Cakar Harimau Sumatera. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 100-108.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021).Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020).Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Afdhal, V. E. . (2018). Perancangan E-Commerce Berbasis Marketplace Produk Seni Budaya Minangkabau. Jurnal KomtekInfo, 5(1). https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i1.13

Rahmawati, A. (2017). Education Method of Lectures and Discussionstoward Health Cadre Ability in Early. Jurnal Ilmiah Pemenang, 51-56

Afdhal, V. E., Stevany, S., & Wiraseptya, T. (2022). The Branding of Kampung Adat Rimbo Tarok Gunung Sariak Village as a Cultural Tourism Attraction. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 189-198.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.