SOSIALISASI LITERASI DAN BAHAYA PEMAKAIAN GADGET SECARA BERLEBIHAN DI SD NEGERI 96 PEKANBARU

Misdawita Misdawita, Dinaria Rahmatika Rizkina Pane, Mika Yohana Bagariang, Vici Sondang Tiurma Uli Ruma Horbo, Rian Irawan, Yohana Br Situmorang, Windi Mardini Nasution, Dio Agustina, Rio Ryan Christian Sidauruk, Riki Fernando Batubara, Helda Simbolon

Abstract


Permasalahan literasi dan bahaya pemakaian gadget secara berlebihan masih menjadi tantangan besar di Indonesia, yaitu minimnya kepedulian akan dampak negatif dari minimnya pemahaman komprehensif masyarakat mengenai literasi dan pemakaian gadget secara berlebihan. Pemakaian gadget memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan intelektual kehidupan manusia jika dipergunakan secara tepat dan terarah, tetapi pemakaian gadget secara berlebihan memiliki dampak negatif dari perkembangan emosional, intelektual, dan psikologis bagi manusia khususnya perkembangan pertumbuhan anak dibawah umur tanpa adanya pengawasan yang ketat dari orang tua. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa SD Negeri 96 Pekanbaru tentang literasi dan bahaya pemakaian gadget yang berlebihan. Metode pada pengabdian ini adalah berupa sosialisasi tentang literasi dan bahaya pemakaian gadget secara berlebihan di SD Negeri 96 Pekanbaru. Hasil dari kegiatan sosialisasi literasi dan bahaya pemakaian gadget secara berlebihan di SD Negeri 96 Pekanbaru ini adalah timbulnya semangat literasi di lingkungan sekolah sehingga terciptanya budaya akademis yang baik dan bermutu. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa harus adanya sosialisasi yang komprehensif dan berkelanjutan agar membangun budaya literasi antar siswa SD Negeri 96 Pekanbaru dan Mulai mengawasi pemakaian gadget agar tidak berlebihan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat.


Keywords


Sosialisasi; Literasi; Gadget; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ariston, Y., dan Frahasini, F. (2018). Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91.

Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi. Bumi Aksara.

Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., dan Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 245-249.

Hanggi, O. H. (2016). Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah. Membumikan Gerakan Literasi Di Sekolah. Lembaga Ladang Kata. Yogyakarta.

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7.

Hernowo, Q. R. (2003). Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Potensi Membaca. Penerbit MLC. Bandung.

Julaeha, S. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar Di SDN 2 Sukahurip. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 127–132.

Nurhaeda, N. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pan-Dangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu. ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal), 1(2), 70–78

.

Rahmania, S., Miarsyah, M., dan Sartono, N. (2015). The difference scientific literacy ability of student having field independent and field dependent cognitive style. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 27–34.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific literacy of students learned through guided inquiry. International Journal of Research & Review, 4(5), 23–30.

Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191–205.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.

Wulanjani, A. N., dan Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.

Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya Pencegahan Pengaruh Gadget Pada Anak Melalui Kegiatan Penyuluhan Dan Sosialisasi Dampak Gadget Kepada Ibu-Ibu Kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133. https://doi.org/10.33373/jmb.v3i2.2065




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.