PELATIHAN PEMBUATAN SABUN ORGANIK BERBAHAN DASAR MINYAK KELAPA UNTUK PEMBERDAYAAN WARGA DI DESA BARU KABUPATEN KAMPAR

Tetty Marta Linda, Agnes Tasya Purba, Tiara Nurfadila Fauzi, Sri Jumaliza Rahayu, Aldiyan Syahgiri, Namira Ratu Nilandra, Adjie Pangestu, Dhea Amanda Ramadhan, Reno Widi Respati, Levita Wahyuni, Shafira Keiko Fukuhara

Abstract


Berdasarkan data yang tertera disebutkan bahwa mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Baru adalah petani dan buruh, diharapkan masyarakat desa dapat mengembangkan potensinya untuk menciptakan usaha dalam bentuk UMKM, sehingga mampu untuk menunjang ekonomi dan menjadi ciri khas Desa Baru. Sabun merupakan campuran senyawa natrium dengan asam lemak yang dapat digunakan sebagai pembersih, berbentuk padat, berbusa dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya dan tidak dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketika digunakan. Pada pembuatan sabun organik sederhana ini menggunakan minyak kelapa sebagai bahan baku utama dan natrium hidroksida (NaOH) dengan penambahan kopi sebagai pengharum organik melalui reaksi saponifikasi. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini antara lain: melakukan sosialisasi kegiatan terkait pembuatan sabun dan manfaatnya, mengisi kuisioner sebelum dan sesudah kegiatan sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan tersebut, melaksanakan praktik pembuatan sabun dan pengemasan sabun yang telah jadi. Melalui kegiatan tersebut terciptalah produk sabun berbahan dasar minyak kelapa melalui metode penyabunan yang sederhana. Produk ini akan memiliki nilai jual yang tinggi jika minat masyarakat terhadap produk tersebut juga tinggi

Keywords


minyak, organik, sabun

Full Text:

PDF

References


Aris, A., Nur, N., Ratnah. (2021). Saponification Test Triasilgliserol Pada Sabun Organik Dengan Minyak Ramah Lingkungan Dalam Upaya Inovasi Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal ABDI. 1(3), 11-17.

Astuti, Wulandari F., Hartati, A.T. (2021). Pembuatan sabun padat dari minyak kelapa dengan penambahan aloe vera sebagai antiseptik menggunakan metode cold process. Jurnal Konversi, 10(2), 7-12.

Anonymous, (2022). Desa Baru Siak Hulu, Kampar. https://p2k.stekom.ac.id/insiklopedia/ Desa_Baru_Siak_Hulu,_Kampar

Khuzaimah, S. (2016). Pembuatan sabun padat dari minyak goreng bekas ditinjau dari kinetika reaksi kimia. Ratih: Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau. 2(2), 1-11.

Oktari, S.A.S., Luh, P.W., Ni, M.W. (2017). Pengaruh Jenis Minyak dan Konsentrasi Larutan Alginat Terhadap Karakteristik Sabun Cair Cuci Tangan. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 2(5), 47-57.

Rasidah dan Sumarna, D. (2018). Studi formulasi beberapa minyak nabati pada pembuatan sabun mandi padat. Jurnal Teknologi Pertanian Universitas Mulawarman, 13(1):1-6

Widyasanti, A., Chintya, L.F., Dadan, R. (2016). Pembuatan Sabun Padat Transparan Menggunakan Minyak Kelapa Sawit (Palm Oil) Dengan Penambahan Bahan Aktif Ekstrak Teh Putih (Camellia Sinensis). Jurnal Teknik Pertanian Lampung. 3(5), 125-136.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.4548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.