PELATIHAN MANAJEMEN USAHA DAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) WANITA PARAITA DI KECAMATAN BULO

Haeruddin Hafid, Erwin Erwin, Taufik Hidayat B Tahawa

Abstract


Mayoritas masyarakat yang berdomisili di desa mengandalkan hasil sumber daya alam (SDA) dalam pemenuhan kehidupan mereka, secara otomatis kondisi alam ialah harapan besar masyarakat dalam meningkatnya kesejahteraan ekonomi. Salah satu usaha yang bersumber dari alam dan pengelolaannya secara alamiah ialah usaha produksi gula aren atau gula semut yang banyak diproduksi oleh petani. Masyarakat di Kecamatan Bulo khususnya Kelompok Wanita Tani  (KWT) “Wanita Paraita” memilih untuk memanfaatkan gula semut sebagai pekerjaan sampingan namun ada juga menjadikan sebagai pekerjaan pokok untuk menambah penghasilan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga. Permasalahan pertama dari mitra KWT “Wanita Paraita” yaitu rendahnya kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Permasalahan kedua dari mitra yaitu belum meluasnya cakupan pasar karena masih bersifat konvensional dan belum memanfaatkan digitalisasi sehinggaa minim dalam pengembangan usaha serta omset yang didapatkan masih relatif kecil. Permasalahan ketiga mitra yakni belum adanya izin usaha berbasis online single submisson (OSS). Metode yang digunakan adalah pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) diantaranya metode pelatihan (training) terhadap kelompok tani. Hasil akhir menunjukan peningkatan persentase pengetahuan kelompok wanita tani ialah sebesar 35,33%. Dan persentase tingkat kepuasan selama mengikuti kegiatan sebesar 47 % merasakan sangat puas dengan program ini.


Keywords


Kelomok Wanita Tani, Manajemen Usaha, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Alam, N. (2018) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Polewali Mandar tentang Tata Ruang Wilayah dalam Pengembangan Ruang Terbuka Hijau. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Bismala, L. (2016) Model manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan efektivitas usaha kecil menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26.

Evalia, N.A. (2015) Strategi pengembangan agroindustri gula semut aren, Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(1) 57-67

Irmayani, I., Sari, I. dan Sriwahyuningsih, A. E. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Gula Aren Di Desa Buntu Pema Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang, Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(2), 325–337.

Mahacakri, I. G. A. C. (2020). Manajemen Usaha dan Penerapan Digital Marketing Tanaman Hias di Kota Mataram, Agroteksos, 30(1), 1–10.

Niati, A., Ariefiantoro, T., Rizkiana, C., dan Wiari. A. (2022). Peningkatan Pemahaman Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi & Kesejahteraan Kelompok UMKM Asmarandhana, Journal of Community Service and Engagement, 2(6), 27–34.

Rahayu, S., Muhairah, A.N., dan Nazipawati, N. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Masa Pandemi COVID 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2217–2230.

Rahmat, B. Z., Nurhasanah, E. dan Zahra, Q. S. A. (2021). Pelatihan Pengembangan Komunikasi Pemasaran pada Produk Usaha Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Cukangkawung, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 445–451.

Ramlan, W., Chaniago, R. and Ayuba, Y. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pemasaran Gula Merah Pada Kelompok Usaha Pengolah “GULMER". Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 149-159

Riyadi, N. dan Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1), 23-33

Saptono, A., Dewi, R.P. dan Suparno, S. (2016). Pelatihan Manajemen Usaha Dan Pengelolaan Keuangan Ukm Bagi Tenaga Kerja Indonesia (Tki) Purna Di Sukabumi Jawa Barat. Sarwahita, 13(1), 6–14.

Saudi, A.I. dan Khaldun, R.I. (2020). Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Di Desa Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Minda Baharu, 4(2), 87–98.

Sumarwan, U. dan Hasbullah, R. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja dan Kepuasan Tenan di Inkubator Bisnis IPB. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(1), 84–92.

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, Rudy, Wiwik Hasbiyah, W. (2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 30-27

Wahyuni, S., Hermanto, B., dan Yani, F. (2020). Pengolahan Gula Semut Di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Serdang Bedagai. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69–74.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.