PENERAPAN SUMUR RESAPAN DAN BIOPORI SEBAGAI ALTERNATIF MENGURANGI BANJIR ROB DI PERUMAHAN TAMAN KARTINI KECAMATAN SEKUPANG KOTA BATAM

Ifdianti Resti Safitri, Rynaldi Saputra Nababan, Mahardika Wiryawan, Harry Kurniawan

Abstract


Fenomena alam seperti hujan deras bersamaan dengan air laut pasang merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir, seperti yang terjadi di wilayah Perumahan Taman Kartini Raya RT.003 RW.010 Kelurahan Sungai Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam karena terjadinya fernomena tersebut dan juga menimbulkan genangan air sehingga menggangu aktivitas warga. Upaya penanggulangan banjir sebelumnya seperti normalisasi sungai belum dapat mengatasi terjadinya genangan air. Sehingga tim pelaksana melakukan upaya alternatif lain yaitu membuat sumur resapan dan biopori melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat, dengan  2 buah sumur resapan yang dibuat tepat disamping saluran air dekat hilir sungai, membuat air pasang yang akan naik ke jalan mengisi sumur resapan terlebih dahulu, dan juga 18 biopori akan menampung air hujan, meresapkan air dan menguraikan sampah organik menjadi pupuk organik, dimana kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan dengan tahap survei, sosialisasi dan praktik dilapangan yang dilakukan oleh tim pelaksana dengan mitra. Dengan adanya program ini diharapkan bisa membantu mengurangi genangan air akibat hujan ataupun air pasang. 


Keywords


Banjir, biopori, sumur resapan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., Tjahjana, D.D.D.P., Rachmanto, R.A., Suyitno., Prasetyo, S.D., Hadi, S. (2020). Penerapan Teknologi Biopori Untuk Meningkatkan Ketersedian Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik Di Desa Puron Sukoharjo. Jurnal Semar, 9(2), 53-63.

Aznedra, A., Putra, R.E., dan Desma, Y. (2018). Pemberdayaan Masyarakat melalui Sosialisasi Perda Sampah No 11 Tahun 2013 di Kelurahan Batu Merah Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Minda Baharu. 2(2), 196-209.

Bahunta, L. dan Waspodo, R.S. (2019). Rancangan Sumur Resapan Air Hujan sebagai Upaya Pengurangan Limpasan di Kampung Babakan, Cibinong, Kabupaten Bogor. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 4(1), 37-48

Basri. (2017). Perencanaan Sumur Resapan Untuk Pengendalian Banjir Di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar, Makasssar.

Ichsan, I., Hulalata, Z, S. (2018). Analisa Penerapan Resapan Biopori Pada Kawasan Rawan Banjir Di Kecamatan Telaga Biru. Journal of Infrastucture & Science Engineering, 1(1). 33-46.

Kusumaning, T. dan Puriningsih, F. S. (2014). Kajian Strategi Penanganan Banjir/Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Warta Penelitian Perhubungan, 26 (11), 677-688

Nur S, Agus., Utami, Dwi., Atmika, Meliana. (2019). Analisis Faktor Penyebab Banjir Rob dan Strategi Penanggungannya dengan Pembangunan Breakwater di Wilayah Semarang Utara, Jawa Tengah, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Kebumen ke-12. Seminar Nasional Kebumian Ke-12, 5-6 September 2019, Yogyakarta.

Sari, M.P., Pratiwi, D.A., dan Mulyati, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Limbah Organik Rumah Tangga dalam Pembuatan Kompos. Minda Baharu, 3(2), 84-90.

Sutandi, C,M., Husada, G.T., Kanjalia T.W., Daud R., dan Sosanto, T. (2013). Penggunaan Lubang Resapan Biopori Untuk Minimalisasi Dampak Bahaya Banjir Pada Kecamatan Sukajadi Kelurahan Sukawarna RW004 Bandung. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS 7). 24-26 Oktober 2013, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 1–6.

Tjahjono, H. (2004). Banjir Pasang (Rob) Di Kota Semarang dampaknya bagi Masyarakat dan Upaya Penanggulangannya. Artikel Seminar Coastal Ecosystem for Social Prosperity. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Zulaihah, L., Siregar, A.H., dan Marasabessy, A. (2018). Pengelola Sampah Organik Berbasis Biopori Di Kelurahan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Pangkal Pinang, 2 Oktober 2018. pp. 256-260




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.