PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA WARUNG KELONTONG KAMPUNG MONGGAK REMPANG

Sri Mulyati, Catur Fatchu Ukhriyawati, Ravika Permata Hati, Rahman Hasibuan

Abstract


Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada individu/pengusaha kecil khususnya usaha keluarga yang ada di Kampung Monggak Rempang tentang pengetahuan praktis dan sederhana mengenai mengelola keuangan sederhana sesuai dengan prinsip dalam manajemen keuangan. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah metode klasikal dengan pendekatan diskusi, tanya jawab, dan simulasi dengan maksud agar materi dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Diharapkan setelah dilakukannya program pengabdian ini, para peserta memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pengusaha kecil yang terampil mengelola keuangan dan juga mampu mencari peluang untuk menambah keuangan keluarga sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya agar menjadi lebih baik.

Keywords


Laporan Keuangan, Manajemen Keuangan

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. D., Lazuarni, S., Putri, A. U. dan Yeni. (2022). Pelatihan Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Warung Sembako Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak. Jurnal Pengabdain Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1328-1332.

Andarsari, P. R. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan Di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–64.

Bank Indonesia. (2013). Pengelolaan Keuangan. Grup Pengembangan Keuangan Inklusif De- partemen Pengembangan Akses Keuangan Dan Umkm Bank Indonesia. Jakarta.

Harventy, G., Zubaidah, S. dan Kholmi, M. (202). Pendampingan Penyusunan Pelaporan Keuangan Pada Kelompok Usaha Kecil dan Menengah Brosem Semeru. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1), 60-70.

Kusmayadi, D., Firmansyah, I. dan Rahman, R. (2019). IbBM Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes dan Koperasi Nelayan Di Desa Sancang Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 5(1), 54-62.

Ningsih, A. A. T. dan Trisnawati, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Pada UMKM Handcraft Niki Kayoe Desa Turirejo Kec. Lawang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6), 905-912.

Oktaviani, A. dan Herawaty, V. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Wirausaha UMKM di Tegal Alur, Jakarta Barat (Financial Report Preparation Training for MSME Entrepreneurs in Tegal Alur, West Jakarta). Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 13-21.

Santoso, A., Widowati, S. Y. dan Saifudin. (2021). Peningkatan Ketrampilan Menyusun Laporan Keuangan Sederhana Melalui Pelatihan Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 70-76.

Septariani, D. F. dan Manuhutu, F. Y. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Toko Kelontong Di Kampung Kprik Kabupaten Merauke. Jurnal Pengabdian Musamus, 1(1), 30-39.

Supriyono, E., Sumarta, N. H. dan Narulitasari, D. (2021). Pengelolaan Keuangan Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Pemilik UMKM Sebagai Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kelurahan Kauman, Surakarta. Jurnal Budimas, 3(1), 109-115.

Syam, D. (2018). Akuntansi Pengantar II (Prinsip, Metode dan Prosedur). Malang: UMM Press.

Tahani, L. A. dan Husna, A. I. N. (2022). Peningkatan Kinerja Usaha Warung Sembako Dengan Pencatatan Keuangan Di Era Digital Di Desa Cicadas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 149-152.

Utarindasari, D., Purnama, A. dan Prihatini, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 44-52.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.4625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.