PELATIHAN PERSIAPAN TES TOEFL UNTUK ULAMA MUI DAN SANTRI KOTA BATAM

Desi Ratna Sari, Yosi Handayani, Arta Uly Siahaan, Satriya Bayu Aji, Feby Feby, Tian Havwini, Nurul Fadilah, Jhon Hericson Purba

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris para santri dan ulama di Kota Batam guna meningkatkan skor tes kemampuan bahasa Inggris mereka. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang paling umum untuk studi lanjut, khususnya jika ingin mendaftar pada program beasiswa. Sama seperti pendaftar lainnya, beberapa ulama dan santri kesulitan mencapai skor tes minimal yang dicantumkan dalam syarat pendaftaran beasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris para santri dan ulama. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan ini sebanyak 7 kali pertemuan dengan metode hybrid, yaitu daring dan luring dengan memanfaatkan platform daring yaitu Google Form. Kuesioner diedarkan secara daring kepada para peserta untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan tanggapan positif terhadap kegiatan pelatihan ini. Kesan positif ini merupakan indikasi peserta pelatihan merasa lebih siap berhadapan dengan format tes dan mempunyai gambaran lebih jelas mengenai berbagai kemampuan yang diujikan dalam evaluasi kemampuan berbahasa Inggris ini.


Keywords


Ulama; Santri; Persiapan TOEFL; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Ashari, E., dan Shalehoddin, S. (2018). Pengenalan Materi Dasar Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Usia Dini Di Pulau Mecan, Sekanak Raya, Belakang Padang, Batam. Minda Baharu, 2(2), 94-103.

Beasiswa Reguler 2022. (2022). Diakses pada November 24, 2022, dari LPDP: https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2022/

Dharma, L.V.S.W. (2019). Evaluation of Sriwijaya State Buddhist College Students’ TOEFL Preparation Program. Jurnal Ilmiah Kampus: Sati Sampajanna, 11(1).

Maharani, M.S., dan Putro, N. H. P. S. (2021). Evaluation of TOEFL Preparation Course Program to Improve Students’ Test Score. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 63-76.

Mahmud, M. (2014). The EFL Students’ Problems in Answering The Test of English as a Foreign Language (TOEFL): A Study in Indonesian Context. Theory and Practice in Language Studies, 4(12), 2581-2587.

Megah, S.I., Dewi, D.S., dan Wilany, E. (2019). Sosialisasi Dan Pembelajaran Kepada Anak Anak Tentang Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris. Minda Baharu, 3(1), 16-25.

Pohan, A.E. (2017). Program Pelatihan Basic of English Terhadap Anak-Anak Siswa Sekolah Dasar di SD N 004 Sagulung. Minda Baharu, 1(1).

Powers, D.E. (2017). Understanding The Impact of Special Preparation for Admissions Tests. In Advancing Human Assessment (pp. 553-564). Springer, Cham.

Prasetyo, Y., Sari, D.M.M., dan Riza, M.D. (2022). Program Pendampingan dan Bimbingan TOEFL pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 76-82.

Pujiani, T., Nisa, K., dan Soali, M. (2020). Pelatihan TOEFL online melalui media youtube untuk santri pondok pesantren darussalam purwokerto. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 16-22.

Recep, G.Ü.R., dan Eriçok, B. (2020). The Relationship among Academic Success Scores of Graded Foreign Language Courses. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(2), 809-821.

Sakina, R.S. (2021). Pelatihan Strategi Meningkatkan Skor TOEFL: Fokus pada Bagian Structure. Jurnal AbdiMU (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1), 26-32.

Sudrajat, W.N.A., dan Astuti, E.R. (2018). Students’ Perceptions of The Use of TOEFL Preparation Online Course on The Test Performance: The Case of TOEFL Structure and Written Expression Test. Humaniora, 9(3), 275-282.

Syamsurrijal, S., Miswaty, T. C., & Hadi, M. Z. P. (2021). Pelatihan TOEFL dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Mencapai Nilai Ideal di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217-226.

Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36-46.

Wang, Y., & Huang, B. H. (2020). Washback of TOEFL Preparation Courses on Students’ Attitudes and Score Improvement. International Journal of Linguistics, 12(3), 84-104.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.