PELATIHAN KETERAMPILAN MERAJUT DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI EKONOMI KAUM IBU DI KELURAHAN BATU BESAR BATAM

Ferdila Ferdila, Ita Mustika

Abstract


Kaum ibu saat ini sudah memiliki kesadaran bahwa mereka harus mempunyai keterampilan yang dapat dijadikan usaha sampingan sehingga dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga ditengah kondisi ekonomi yang tidak menentu saat ini. Keterampilan merajut adalah salah satu keterampilan yang cocok bagi kaum ibu karena kegiatan merajut dapat dilakukan dirumah di waktu luang. Keterampilan merajut juga sangat bermanfaat bagi kaum ibu karena hasil rajutan yang berupa benda bernilai jual cukup tinggi. Tujuan dilaksanakannya pelatihan keterampilan merajut ini adalah untuk mengembangkan potensi ekonomi kaum ibu terutama ibu-ibu rumah tangga di kelurahan Batu Besar Batam. Kegiatan dilakukan melalui tiga tahap yakni: 1) tahap persiapan, 2) tahap pelatihan, 3) tahap evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari ibu-ibu yang berdomisili di RW 5 dan RW 6 Kelurahan Batu Besar. Hasil yang dicapai melalui kegiatan ini, yaitu: terdapat peningkatan pengetahua


Keywords


Keterampilan, merajut, potensi ekonomi, kaum ibu

Full Text:

PDF

References


Sintawati, E., Prahastuti, E., Kusumawardani, H. (2018). Pelatihan Keterampilan Merajut Pada Kelompok Pkk Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Karinov, 1 (1), 40-44.

Fivanda, F., Chrystella, C., dan Angelina, M. (2021). Pelatihan Dasar Merajut Untuk Anak Asuh Yayasan Rumah Pagi Bahagia Di Bintaro. Prosiding Serina, 1(1), 1205-1212.

Mustika, I., dan Ferdila, F. (2022). Pengenalan Standar Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dan Bimbingan Teknis penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada UMKM di Kota Batam. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora, 2(2), 36-43.

Mustika, I., Sari, D. P., dan Sutiandi, A. (2022). Membangun Jiwa Peka (Produktif, Edukatif, Kooperatif, dan Aksi) Pada Masyarakat Kelurahan Tanjung Uma. Ihsan: jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 51-54.

Masiah, M., dan Adawiyah, S. R. (2020). Pelatihan Kerajinan Tas Rajut Bagi Remaja Putri Di Desa Mambalan. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 199-202.

Marpaung, J., Ramli, R. A., Ariyati, Y., dan Sinaga, J. B. (2022). Sosialisasi Peran UMKM Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Warga Rw.001 Kecamatan Batu Aji Kelurahan Bukit Tempayan Kota Batam. Minda Baharu, 6(1), 91-100.

Nurlistiani, R., dan Purwati, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Keterampilan Merajut Dan Pemanfaatan Media Sosial Serta Marketplace Untuk Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2377-2392.

Selianawati, K. C., Nisa, L., Hajar, P. S., dan Jannah, R. (2021). Pelatihan Merajut Berbasis Online Masyarakat Kayen Kidul. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 4(1), 44-48.

Saputra, A.N., Rahimallah, M.T., Utami, A.N.F., dan Khaldun, R.I. (2022). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Pamboborang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Minda Baharu, 6(1), 28-38.

Purnamasari S, Rahmanita F, Retnawati S (2021), Pelatihan Teknik Dasar Merajut Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu-Ibu PKK RT 01 Kelurahan Mekarjaya Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pro Bono, 1(2), 79-84.

Qomaruddin, N., Munawaroh, E., Adib, R.B., Nurul, M.N., Ngazuma, F.S.,Apriliani, E., dan Humamurrizqi, H. (2019). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Merajut dalam Menambahkan Daya Kreativitas Warga Dusun Temanggung Kelurahan Jetis Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul DIY. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 129-131.

Rosha, Z., Wati, L., Kamela, I., dan Ananda, A. (2018). Pemberdayaan Anggota Majelis Ta’lim Al-Ikhlas melalui Kegiatan Keterampilan Merajut di Dadok Tunggul Hitam Padang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 77-82.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.