KUNJUNGAN EDUKASI SEKOLAH ISLAM NABILAH, DENGAN KEGIATAN PENANAMAN MANGROVE DI KAWASAN EKOWISATA PANDANG TAK JEMU, KAMPUNG TUA BAKAU SERI, KOTA BATAM

Sarmini Sarmini, Diana Titik W, Pamor Gunoto, Linayati Lestari, Arif Rahman Hakim

Abstract


Kunjungan Edukatif sebagai program pembelajaran outdoor dari Sekolah Islam Nabilah, Batam, dilaksanakan pada tanggal 3 - 4 Desember 2022. Pada kunjungan kali ini siswa berjumlah 150 anak dan 45 orang guru mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove pada kawasan ekowisata lingkungan pantai dan hutan mangrove Pandang Tak Jemu yang beralamat di Kampung tua bakau serip pantai, Jl. Hang Lekiu, RT.02/RW.10, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan ini merupakan pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Hal ini akan lebih efektif dan efisien katika siswa bukan hanya mendapatkan teori saja tetapi langsung praktek, sehingga pengalaman langsung. Adapun manfaat yang dapat diambil dari kunjungan edukatif penanaman mangrove dari Sekolah Islam Nabilah berupa ini adalah: meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya keutuhan ekosistem, memberikan pengalaman baru pada siswa mengenai tatacara penanaman pohon mangrove, serta menambah pengetahuan siswa mengenai pengelolaan buah mangrove.

Keywords


Kunjungan Edukatif, Pembelajaran Berbasis Pengalaman, Pohon Mangrove

Full Text:

PDF

References


Marques, L. A., and Albuquerque, C. (2012). Entrepreneurship Education and Development Young People Life Competencies and Skills. ACRN Journal of Entrepreneurship Perspectives. 1 (2), 55-68.

Noor, Y.R., M. Khazali, dan I.N.N Suryadiputra. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. Bogor.

Oemar, H. (2009). Proses Belajar Mengajar. PT bumi Aksara. Jakarta.

Rosyada, A., Anwari, M.S., dan Muflihati, (2018). Pemanfaatan Tumbuhan Mangrove oleh Masyarakat Desa Bakau Besar Laut Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah. Jurnal Hutan Lestari, 6(1), 62-70.

Riwayati (2014). Manfaat Dan Fungsi Hutan Mangrove Bagi Kehidupan, Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 12 (24), 17-23.

Ramadhani, S. (2022). Hutan Mangrove: Ciri-ciri, Fungsi dan Manfaatnya (Terbaru). https://lindungihutan.com/blog/hutan-mangrove/#rb-pengertian-hutan-mangrove-menurut-para-ahli. Published 2 years ago on 23/02/2022.

Setyawan, A.D., Ari, S.W., dan Sutarno. (2002). Biodiversitas Genetik, Spesies, dan Ekosistem Mangrove di Jawa. Kelompok Kerja Biodiversitas, Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Pengetahuan Alam. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Silberman, M. (2014). Handbook of Experiental Learning Experiental Learning: Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Nusa Media. Bandung.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.4795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.