PENDAMPINGAN PENYUSUNAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KPRI “DIAN HUSADA” KABUPATEN DEMAK DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Luhgiatno Luhgiatno, Daniel Kartika Adhi, Aminatuzzuhro Aminatuzzuhro

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pembuatan aplikasi sistem informasi akuntansi koperasi dengan menggunakan microsoft excel di bagian akuntansi dan keuangan KPRI “Dian Husada” Kabupeten Demak. Aplikasi sistem informasi akuntansi ini digunakan untuk mencatat dan melaporkan transaksi keuangan di KPRI “Dian Husada” Kabupeten Demak. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan bimbingan dan pendampingan kepada bagian akuntansi untuk menyiapkan aplikasi sistem informasi akuntansi menggunakan microsoft excel dalam penyusunan laporan keuangan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa aplikasi sistem informasi akuntansi penyusunan laporan keuangan koperasi dengan menggunakan microsoft ecxel. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi KPRI “Dian Husada” Kabupaten Demak untuk meningkatkan pengelolaan transaksi keuangan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas. Untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas, KPRI “Dian Husada” Kabupaten Demak mempersiapkan laporan keuangan output dari aplikasi sistem informasi menggunakan microsoft exel ini supaya siap di audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Laporan keuangan tahun 2023 dari KPRI “Dian Husada” Kabupaten Demak, diproyeksikan siap untuk diaudit oleh KAP.

Keywords


Cooperatives, Accounting Information System, and Financial Report

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I., dan Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Handayani, P., Ratnasari, F., Ainiyah, G. Z., Maharani, D. A., Novius, A., Adhi, D. K., Oktafiah, Y. (2023). Teori Akuntansi. CV. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Luhgiatno. (2020). Inovasi Terbuka Dengan Kekhasan Yang Optimal Sebagai Katalisator Peningkatan Perilaku Kerja Inovatif. Salatiga: FEB UKSW.

Luhgiatno, Widaryanti, dan Santoso, A. (2021). The Effect of ODOI on Innovative Work Behavior and Employee Performance. Jurnal Manajemen, 25(2), 240-254

Lustono, Supriatin, D., Suryani, R., Tahwin, M., Yuliati, Wahyuhastuti, N., Indriyatni, L. (2023). Kewirausahaan (Trend Manajemen Bisnis di Era Digital) (1 ed.). CV. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Nurhatyo, E., dan Utami, I. (2015). Nurhatyo, Riset Akuntansi Managemen; Telaah Tiga Perspektif. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 14-25.

Priyambodo, V. K., Hasibuan, L., Soleha, N., Rakhmawati, I., Kuntari, Y., Andaningsih, I. R., Safrizal. (2022). Akuntansi Pemerintahan. PT. Global Eksekutif Teknologi. Padang.

Purwanti, A., Atsarina, A., Saprudin, Kurniawati, S., Atiningsih, S., Kurniasih, N. (2023). Auditing. CV. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Srimindarti, C. (2012). Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Ditinjau dari Kepuasan Pemakai dan Pemakaian SIA yang dipengaruhi oleh Partisipasi Pemakai, Kepuasan Pelatihan dan Pemakai SIA. Proceeding far Call Paper Pekan Ilmiah Dosen FEB- UKSW- 14 Desember 2012. Hal.514-546.

Suwardjono. (2013). Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan Keuangan) - Edisi Ketiga. BPFE UGM. Yogyakarta.

Undang-Undang No. 15 Tahun 1992 tentang Perkoperasian (1992).

Wahdiniawati, S. A., Fermayani, R., Luhgiatno, Wahyuningsih, S., dan Abdurohim. (2023). Pengantar Bisnis. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Yusup, A. H. (2016). Dasar-Dasar Akuntansi. STIE YKPN. Yogyakarta

Zelmiyanti, R., Irsutami, Zaenuddin, M., Ansori, M., Mayasari, M., Wibowo, S. S., Dinuka, V. K. (2022). Pembuatan Video Pengenalan Profesi Akuntansi Untuk Menarik Minat Siswa Menjadi Akuntan. Minda Baharu, 6(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.5058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.