PENINGKATAN PENJUALAN UMKM ALBY KEY DENGAN PEMASARAN DIGITAL

Eri Mardiani, Nur Rahmansyah, Sari Ningsih, Endah Tri Esti Handayani, Deny Hidayatullah, Satriawan Desmana, Dhieka Avrilia Lantana, Fachry Fachry, Guing Tri Suhatmojo, Kelfin Nurfaiz, Muhammad Rizky Perdana, Prayogo Dwi Cahyo Putro, Salestinus Petrus Dhema, Yoga Dwi Prasetyo

Abstract


Pandemi covid-19 sangat berdampak sekali terhadap UMKM serta bagi yang baru membuat wirausaha, dengan kondisi peralihan dari masa pandemi ke endemi, penjualan dengan secara konvensional sangat tidak efektif, agar penjualan dapat berjalan dengan baik, maka pelaku usaha harus dapat mengembangkan usahanya. Untuk bangkit kembali mengembangkan usahanya maka pelaku usaha harus mampu meningkatkan potensi diri menyesuaikan kondisi saat ini sehingga pelaku melakukan wirausaha dengan efisien, salah satu untuk meningkatkan penjualan, pelaku usaha harus mengoptimalkan pemasaran penjualan dengan sistem digital, dengan menggunakan potensi diri dan keinginan pelaku usaha untuk mengembangkan pemasaran maka peningkatan penjualan menggunakan sistem digital jauh lebih mudah untuk mengembangkan usaha. Dengan menggunakan Social Customer Relationship Management (SCRM) untuk membantu end-user memanfaatkan jejaring sosial, data internal dan eksternal, umpan berita, serta konten penjualan dan pemasaran yang ada dengan lebih baik. Contohnya dengan menggunakan e-commerce dan media sosial untuk mempermudah promosi. Karena era digital saat ini, pemasaran produk UMKM menggunakan situs web yang tepat, memiliki manfaat yang sangat besar karena promosi penjualan atau pemasaran dapat menjangkau target konsumen dengan jangkauan yang lebih luas dan dengan jaminan layanan yang optimal dengan biaya yang relatif murah dan lebih efisien. Untuk sukses di era digital, UMKM juga perlu mengelola strategi pemasarannya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Keywords


penjualan, UMKM, pemasaran digital

Full Text:

PDF

References


Amalia, dan Euis (2009), Keadilan distributif dalam Ekonomi Islam, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Ardyan. E. (2016). Market sensing capability and SMEs performance: The mediating role of product innovativeness success. DLSU Business & Economics Review. 25(2), 79–97

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Kurniawan, H., Sensuse, D.I., dan Jayanta. (2016). Kumpulan Latihan SQL, Elex Media Komputindo. Jakarta

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Hendra Kurniawan, Anita Muliawati, Dwi Sidik Permana. (2017). Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, Mysql, dan iReport, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Mardiani, E, Rahmansyah,N, Al Rizky,F (2020). Perilaku Konsumen Terhadap E-commerce disaat pandemi covid 19 di Shop and Travel. Jurnal Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 16(3), 212-217.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Wahyudi, N. M., Wijaya, Y. F., dan Al Rizky, F. (2021). Kumpulan Latihan PHP. Elex Media Komputindo. Jakarta

Mardiani, E., Rahmansyah, N, Ningsih, Sari (2022). PKM Meningkatkan Penjualan UMKM Dengan E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19. Jurnal Mindabaharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 6,(2), 234-243.

Mohan, S. Choi, E. dan Min, D. (2008). Conceptual modeling of enterprise application system using social networking and Web 2.0 “social CRM system.” 2008 International Conference on Convergence and Hybrid Information Technology (pp. 237–244).

Nelly, S. (2021). Digitalization as a strategy for the revitalization of micro, small and medium enterprises (MSMEs) during the COVID-19 pandemic. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(6), 384–392

Puschmann, T. dan Alt, R. (2016). Sharing economy. Business & Information Systems Engineering 58(1), 93–99. DOI: 1 0.1007/s12599-015-0420-2

Rahmansyah, Nur., Mulyani, Deta, Mardiani, Eri., Rahman, Adityo. (2022). Perancangan Sistem Transaksi Berbasis Web Pada UKM Pangkas Rambut Tasik. Jurnal JUNSIBI: Jurnal Sistem informasi Bisnis April 2022, 22-31

Said, R., dan Laila (2021). Manajemen Pemasaran UMKM di Era Digital. Yogyakarta:Diandra Kreatif. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/22090

Sigala, M. (2012). Exploiting web 2.0 for new service development: Findings and implications from the Greek tourism industry. International Journal of Tourism Research 14(6), 551–566. DOI: 10.1002/jtr.1914

Suliswanto, M.S.W., dan Rofik, M, (2019). Digitalization of micro, small & medium Enterprises (MSMEs) in East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business 2(1), 34–43




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.5330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.