PENINGKATAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI INFORMASI KEUANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SUSTAINABILITY DI BATIK KEDUNG GUDEL SUKOHARJO

Astuning Saharsini, Ari Susanti, Era Trianita Saputra, Budi Istiyanto, Aditya Liliyan, Sabiila Rahmat Tania

Abstract


Pengabdian yang dilakukan tim kami di Batik Kedunggudel yang berada di wilayah Desa Wisata Kreatif Kenep. Batik Kedunggudel merupakan industri yang bergerak dalam bidang produksi batik, baik batik tulis, cap, maupun printing. Mulai dari tahap persiapan dimana kami melakukan observasi dan menemukan beberapa ketidaksesuaian dalam proses akuntansi di Batik Kedunggudel diantaranya mitra belum mengetahui peranan akuntansi dalam menjalankan bisnis, belum menerapkan proses akuntansi mulai pengumpulan bukti sampai penyusunan laporan keuangan, mencampuradukkan keuangan pribadi dengan bisnis, belum melakukan perhitungan biaya produksi, penentuan harga jual yang belum efektif, serta mitra belum mengetahui laba ruginya. Dari permasalahan yang ditemui di Batik Kedunggudel, kami memberikan pengarahan kepada mitra tentang urgensi akuntansi dalam bisnis dan proses akuntansi, selanjutnya kami membantu membuat kerangka pembukuan dalam Microsoft Excel. Kami memberikan pendampingan secara intens kepada mitra mulai dari pengenalan akun-akun dalam setiap transaksi, menyusun pembukuan sampai laporan keuangan pada kerangka yang sudah tersedia. Pelaksanaan monitoring kepada mitra juga dilakukan tim kami untuk melihat bahwa mitra sudah dapat mengaplikasikan proses akuntansi dalam menjalankan bisnis sehingga dapat sustainable.

Keywords


UMKM, Batik Kedunggudel, Proses Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Dinas Koperasi dan UKM Perdagangan Sukoharjo, (2021). DPKUKM Dalam Angka, Bidang UMKM. https://dpkukm.sukoharjokab.go.id/dpkukm-dalam-angka/umkm

Fatahurrazak dan Idris, M. D. M. (2018). Pelatihan pembukuan sederhana bagi kelompok usaha Eks PNPM di Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan. Journal of Maritime Empowerment , 1(1), 11-23.

Machfuzhoh, A., Lutfi, dan Ika U.W. 2020. Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU) 1(2), 109–16.

Murfiah U., Indriani R., dan Taufiqulloh D. (2018). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UKM Kerajinan Anyam Pandan Ekonomis Dalam Pengelolaan Usaha. Jurnal Solma 7(9): 153–60.

Murti, G. T., Farida,. A. L., dan Dhian W. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Bimbingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Bumdes Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. 2(2), 75–82.

Patmawati, S., dan Utomo, R. B. (2023). Pendampingan Pembuatan Pembukuan SederhanaPada UMKM RT 03 Di Dukuh Klenggotan. Community Development Journal. 4(2), 2159-2165.

Prasaja, M., Susiloningsih, N., Novitasari, R., Andriani, N., Yunanto, F. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana Bagi Umkm Desa Blimbing, Kabupaten Kediri. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2), 834–840.

Sari, C. T., dan Indriani, E. (2017). Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok Umkm Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata 1(1), 17–21.

Wende, M.E, dan As’ari, H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana UMKM. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 2021–24.

Widiastuti, C. T., Nuria U., dan Rr. Lulus P. N. S. S. (2023). Pemberdayaan Melalui Edukasi Kewirausahaan Dan Pembukuan Keuangan Bagi UKM Gerai Kopimi Kelurahan Mlatiharjo Semarang. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi 2(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.5372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.