PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MUDAH DAN MENYENANGKAN BAGI GURU MENTAL ARITMATIKA ASMA BATAM

Yudhi Hanggara, Fitrah Amelia, Yesi Gusmania, Ismarti Ismarti, Jaya Dwi Putra

Abstract


Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menghadirkan berbagai inovasi dalam metode pengajaran matematika. Teknologi membuka pintu untuk pembelajaran yang lebih mudah dan menyenangkan, yang dapat meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap matematika. Faktanya, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih belum dilakukan oleh sebagian besar guru. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait pemanfaatan teknologi sebagai media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru Mental Aritmatika ASMA Batam. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara keseluruahan kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari antusias peserta selama mengikuti kegiatan dan hasil evaluasi yang diberikan setelah berakhirnya kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan peserta kegiatan merasa puas dengan pelaksanaan pengabdian ini dengan persentase kepuasan adalah 76,9% mengatakan sangat puas dan 21,1% puas.

Keywords


teknologi, media pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., dan Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Ertmer, P. A. (1999). Addressing first-and second-order barriers to change: Strategies for technology integration. Educational Technology Research and Development, 47(4), 47–61.

Moyer-Packenham, P. S., dan Bolyard, J. J. (2016). Revisiting the definition of a virtual manipulative. International Perspectives on Teaching and Learning Mathematics with Virtual Manipulatives, 7(1), 3–23.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84.

Siswati, B. H., Yelia, Hidayati, P. I., Khoeriyah, E. T., dan Afanie, N. (2023). Pedagogi dalam terapan serta teknologi. Tulung Agung: Akademika Pustaka.

Sudin, A. (2014). Kurikulum dan pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70.

Suwastarini, N. N., Dantes, N., Candiasa, I. M., dan Komp, M. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sdlb B (Tuna Rungu) pada Slb B Negeri Ptn Jimbaran. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1–10.

Zayyadi, M., Supardi, L., dan Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25–30.




DOI: https://doi.org/10.33373/jmb.v7i2.5681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.